PPKM di Kota Pekanbaru Turun ke Level I

97
PPKM di Kota Pekanbaru

Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Pekanbaru masih berlanjut selama sebulan ke depan. Adapun perperpanjangan PPKM tersebut terhitung mulai tanggal 7 Juni – 4 Juli 2022 mendatang.

Turun ke Level 1

Pemberlakukan PPKM di Kota Pekanbaru sendiri telah mengalami penurunan ke PPKM level 1, setelah PPKM level 2 tahap sebelumnya berakhir Senin (6/6/2022) kemarin.

Hal tersebut berdasarkan instruksi dari Menteri Dalam Negeri RI terkait kelanjutan PPKM level 2, yakni Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 30 Tahun 2022.

Turun Bersamaan

Penurunan PPKM Kota Pekanbaru ke level 1 ini bersamaan dengan wilayah lainnya di Provinsi Riau. Seperti di Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Pelalawan, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, Bengkalis, dan Kepulauan Meranti.

Kasus Aktif Terkendali

Penurunan level PPKM ini, sebut Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil, karena terjadi penurunan drastis kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru selama bulan Mei 2022.

Kasus aktif covid-19 di Kota Pekanbaru sendiri dalam selama dua pekan ini mengalami penurunan drastis. Bahkan berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru, saat ini kasus aktif di Pekanbaru terhitung kemarin (Senin, 6/6/2022) sudah nihil.

Capaian Vaksinasi

Selain itu, Jamil mengatakan bahwa capaian vaksinasi di Kota Pekanbaru sudah mencapai target. Meski demikian, pihaknya tetap mengingatkan masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kita masih level satu, belum lepas dari pandemi,” pesannya.

Ada Sejumlah Kelonggaran

Dalam penerapannya, Jamil memastikan bahwa Pemerintah Kota Pekanbaru siap mengikuti arahan terkait penerapan PPKM level 1.

Selama pelaksanaan PPKM Level 1 ini, ada sejumlah kelonggaran bagi masyarakat. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sudah diperbolehkan makan di tempat untuk pesta
  • Untuk acara-acara juga sudah dilakukan pertemuan