Pop Town Pekanbaru, Wadah Cosplayer Sumatera Go Internasional

211
Pop Town Pekanbaru

Banyak event Pop Culture yang bermunculan di berbagai kota di Indonesia. Salah satunya, Pop Town yang kali ini diadakan di Kota Pekanbaru.

Sebagai event yang memiliki konten berskala besar, Pop Town mencari perwakilan Cosplay di Sumatera ke ajang Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP).

Hal tersebut yang membuat Event Pop Town Pekanbaru berbeda dari event Pop Culture lainnya di Sumatera. Event ini sendiri akan diadakan pada tanggal 29 Maret 2020 di Hotel Jatra.

ICGP merupakan ajang kompetisi Cosplay tahunan tingkat Nasional yang diadakan di beberapa region (daerah) yang kemudian juara masing-masing region akan menjadi perwakilan untuk menuju Final dalam ajang Clas:H di Jakarta.

Pemenang ICGP dalam ajang Clas:H di Jakarta akan mendapatkan status sebagai perwakilan Indonesia yang akan diutus ke ajang kompetisi Cosplay tingkat Internasional yaitu World Cosplay Summit (WCS) di Jepang.

Ajang ini merupakan ajang prestisius dimana perwakilan Indonesia akan berkompetisi melawan 40 negara sedunia.

Untuk tahun 2020 ini, ICGP diadakan di empat regional besar se-Indonesia yaitu Regional Yogyakarta dan Jawa Tengah di kota Yogyakarta, Regional Sumatera di kota Pekanbaru, Regional Jawa Timur di kota Malang, dan Regional Jawa Barat di kota Bandung.

Sanjaya Putra selaku promotor Glow Enterprise (penyelenggara ICGP Sumatera), mengakui bahwa kota Pekanbaru dipilih sebagai Regional Sumatera karena letak geografisnya yang strategis.

“Dulu kita adakan di Medan, sekarang mau coba di Pekanbaru karena di tengah Sumatera. Lebih memudahkan akomodasi para Cosplayer dari Provinsi lainnya,” ujar Sanjaya.

Demi mendapatkan kualitas perwakilan ICGP Sumatera yang kompeten, event Pop Town Pekanbaru menghadirkan tiga orang Guest Star yaitu Yumaki yang merupakan Juara 2 WCS 2018. Kemudian Meihui, yang merupakan Representative ICGP Medan (Regional Sumatera) 2019. Lalu Yuzu yang merupakan Representative ICGP 2017 Jawa Timur.

Selain ICGP, pada event Pop Town ini diadakan berbagai lomba seperti Karaoke Contest, Dance Cover Contest, Dubbing Contest, Tournament Game Tekken dan lain-lain.

Sedangkan konten acaranya diisi dengan Single Cosplay Showcase, Dance, Acoustic, dan juga terdapat berbagai Bazaar makanan maupun non-makanan.

“Semoga tahun ini perwakilan dari Sumatera bisa sampai ke tingkat Internasional,” ujar pria yang telah mengadakan ICGP Sumatera dari tahun 2015 ini.

Seperti diketahui, sejauh ini perwakilan ICGP dari Sumatera hanya sampai pada tingkat nasional dan belum menembus internasional. Maka dengan adanya ICGP di Pekanbaru, diharapkan juga bertambah tingginya antusias para Cosplayer se-Sumatera hingga mampu go Internasional.

Bagi Encik dan Puan yang mau hadir di event Pop Town ini bisa membeli tiket pre-sale sebesar Rp 60.000/orang di Metro Anime Store Jl. Garuda No 25, Labuh Baru, Pekanbaru.

Info lebih lanjut bisa follow Instagram/Fanpage FB poptown.id atau menghubungi 082389943237 (Agung).