Perumdam Tirta Siak Sering Temukan Pipa Tak Layak

37
Perumdam Tirta Siak Sering Temukan Pipa Tak Layak

General Manager Technic Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Siak Endrianto mengungkapkan, pihaknya sering menemukan pipa yang tidak layak.

Sering Alami Kebocoran

Bahkan selama lebih dari setahun ini, Perumdam Tirta Siak sering mengalami badai kebocoran dengan jumlah puluhan dan berulang. Tidak dapat dipungkiri, saat ini pipa existing yang beroperasi merupakan pipa-pipa yang sudah cukup tua dalam mengalirkan air.

“Pipa kita sudah sejak 1974, masih banyak yang belum diganti,” ungkap Endrianto, Kamis (27/10/2022).

Pada faktanya, pipa-pipa eksisting memiliki banyak sekali jenis pipa yang ditambal sulam. Baik jenis ACP, yang merupakan pipa terbaik pada masanya, hingga pipa PVC yang saat ini digunakan. Serta pipa jenis HDPE yang saat ini merupakan pipa air terbaik dengan perpaduan paralon dan karet.

Penggantian Pipa

Ke depannya pipa-pipa Perumdam Tirta Siak akan diganti oleh pipa dengan jenis HDPE secara bertahap. Endrianto menyadari, banyak hal yang harus dibenahi pihaknya untuk memberikan pelayanan terbaik.

“Baik yang diinginkan oleh masyarakat Pekanbaru secara umum, dan pelanggan Tirta Siak secara khusus,” ungkapnya.

Kebocoran-kebocoran yang terjadi tentu menyebabkan terganggunya suplai air ke banyak pelanggan. Dalam sehari, puluhan pelanggan melaporkan gangguan suplai air.

Kembali Berbenah

Bahkan media sosial Perumdam Tirta Siak juga menerima banyak keluhan serta kritikan. Belakangan, Perumdam Tirta Siak yang sudah berhasil dengan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Perlahan Perumdam Tirta Siak mulai mengganti pipa-pipa jalur utama, jalur distribusi, hingga pipa jalur langganan.

Kerja sama dalam pengembangan jaringan pipa baik pipa utama hingga pipa langganan saat ini sedang dikerjakan oleh PP Tirta Madani dan PP Tirta Riau. Hal tersebut diharapkan bisa memberikan kuantitas, kualitas, dan kontinuitas pelanggan di seluruh Pekanbaru.

Terdapat beberapa kekurangan serta ketidaknyamanan di masa pengembangan pipa-pipa baru Perumdam Tirta Siak yang dirasakan oleh masyarakat.

Dalam hal ini pihak Perumda Tirta Siak, stakeholder Pemerintah Kota Pekanbaru, serta semua pihak terkait memohon dukungan serta memaklumi sehingga cita-cita bersama untuk mewujudkan air bersih sesuai dengan Permenkes bisa dinikmati seluruh masyrakat kedepannya.