Penyebab Kelangkaan Minyakita Pekanbaru Masih Ditelusuri Pemko

0
262
Penyebab Kelangkaan Minyakita Pekanbaru

Terkait penyebab kelangkaan Minyakita yang pernah terjadi di Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu, saat ini Pemerintah Kota (Pemko) Kota Pekanbaru masih melakukan penelurusan.

Meninjau ke Beberapa Distributor

Asisten II Pemko Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, mengatakan bahwa pihaknya sudah meninjau ke beberapa distributor yang ada di Kota Pekanbaru. Hal ini guna mencari tahu penyebab kelangkaan Minyakita yang terjadi di Kota Pekanbaru saat ini.

Namun keterangan yang didapatkan dari para distributor, lanjutnya, bahwa penyebab kelangkaan Minyakita tersebut karena belum adanya suplai dari produsen.

“Kita sudah melakukan peninjauan kepada pihak distributor. Mereka memang mengakui bahwa terjadi kekurangan suplai dari pihak produsen,” ucap Ingot, Selasa (28/2/2023).

Perlu Ditinjau Lebih Lanjut Lagi

Ia berpendapat bahwa Pemko Pekanbaru perlu melakukan peninjauan terhadap kelangkaan Minyakita lebih lanjut lagi. Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan sebab kelangkaan Minyakita tidak bisa dipastikan hanya melalui pihak distributor saja.

“Di bawah distributor kan ada pengecer, ada retail, kemudian ada produsen. Jadi nanti masih akan kita lakukan peninjauan lagi bagaimana peredaran minyak kita di lokasi-lokasi itu,” ujar Asisten II Pemko Pekanbaru tersebut.

Ia juga menyampaikan bahwa alasan Pemko Pekanbaru menanggapi kehilangan minyakita dari peredaraan ini dengan serius ialah karena minyak goreng merupakan salah satu komoditi yang dapat menyumbang kenaikan angka inflasi di Pekanbaru.

Oleh karenanya, pihaknya terus berupaya jangan sampai terjadi kelangkaan minyakita ini. Ia menginginkan agar suplai minyakita di pasaran Kota Pekanbaru tetap lancar.

“Sehingga harga normal dan tidak terjadi kenaikan angka inflasi,” pungkas Ingot Ahmad Hutasuhut.

Minta Penambahan Kuota

Untuk mengantisipasi kelangkaan minyak goreng kemasan subsidi ini, pemerintah pusat sudah membuat kebijakan bahwa akan dilakukan penambahan kuota Minyakita. Diketahui bahwa per tanggal 1 Februari yang lalu, pemerintah pusat telah menyampaikan surat ke produsen untuk penambahan kuota.

Adapun untuk kuota yang ditambah tersebut, diperkirakan akan cukup hingga 3 bulan mendatang atau sampai lebaran Idulfitri. Di samping itu, untuk kuota Minyakita ini juga akan diperbanyak. Sebagai contoh, jika distributor tersebut mengalami kekurangan kuota dalam satu hari kurang, maka dapat memintanya lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.