Pengungsi Rohingya di Pekanbaru Ditempatkan di 7 Community House

0
143
Pengungsi Rohingya di Pekanbaru

Diberitakan, pada Kamis (6/4/2023) siang hari 190 pengungsi Rohingya tiba di Kota Pekanbaru.

Pengunsi Rohingya Tiba di Pekanbaru

Pengungsi Rohingya ini datang dari  Aceh dengan menggunakan 7 bus dan 3 mini bus dan sempat berhenti di Stadion Kaharuddin Nasution, Kecamatan Rumbai, Kota pekanbaru pada pukul 11. 00 WIB.

Humas Kanwil Kemenkumham Riau Koko Syawaluddin Sitorus mengatakan bahwa pengungsi ini telah didata terlebih dahulu di stadion tersebut yang nantinya akan ditempat di 7 Community House yang ada di Kota Pekanbaru.

“Mereka didata dulu tadi di Stadion Rumbai. Saat ini mereka semua sudah berada di 7 Community House yang ada di Kota Pekanbaru,” ujarnya.

Pengungsi Ditempatkan di Communiry House

Diketahui 190 pengungsi Rohingya ini akan ditempatkan di Communiry House yang telah disediakan IOM di Pekanbaru.

Koko mengatakan, pemindahan 190 pengungsi dari Stadion Rumbai ini dilakukan secara bertahap ke akomodasi-akomodasi yang telah disiapkan.

Di  antaranya 29 pengungsi ditempatkan di Wisma Fanel,  33 pengungsi di Wisma Siak Resort, 11 pengungsi di Wisma Indah Sari, 13 pengungsi di Wisma Orchid.

Kemudian, 3 pengungsi ditempatkan di Hotel Satria, 44 pengungsi di Rumah Tasqya dan 57 ditempatkan di Wisma Nevada.

Koko juga mengatakan bahwa kanwil kemenkumham Riau melalui Rumah Detensi Imigrasi (Ridenim) Pekanbaru bertugas untuk melakukan pendataan dan pemeriksaan administrasi terhadap pengungsi yang baru pindah dari aceh tersebut.

Kemudian terkait pengawasan akan dilakukan oleh tim di bawah naungan komando Kesbangpol Pekanbaru.

Tersisa 307 Pengungsi di Aceh

Pengungsi etnis Rohingya di Aceh tersisa 307 orang setelah beberapa di antaranya dipindahkan ke Pekanbaru Provinsi Riau.

Hal tersebut disampaikan oleh omisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi atau United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) Perwakilan Indonesia

Senior Communications Assistant UNHCR Indonesia, Muhammad Yanuar Farhanditya, mengatakan bahwa pemindahan 190 orang etnis Rohingya dari Aceh ke Pekanbaru ini menggunakan dua bus menuju medan, Sumatera Utar pada Selasa (4/4/2023) malam hari.

“Dengan perpindahan ke Pekanbaru ini, saat ini terdapat 307 pengungsi Rohingya di Aceh,” ujar Yanuar.

Pengungsi Rohingya yang dipindahkan dari Aceh ini merupakan pengungsi yang ditempatkan di penampungan sementara Mina Raya, Kabupaten Pidie sebanyak 140 orang serta sebanyak 50 orang yang berada di gedung bekas Kantor Imigrasi Kota Lhokseumawe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.