Pengembangan Jaringan Perumdam Tirta Siak Dapat Dukungan

30
Pengembangan Jaringan Perumdam Tirta Siak

Pengembangan jaringan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Siak untuk memberikan akses air bersih bagi masyarakat kembali mendapat dukungan.

REI Dukung Penuh

Termasuk pengusaha perumahan yang tergabung dalam Dewan Pengurus Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI). Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua DPD REI Riau Anton GGA dalam Coffee Morning di Grand Suka Hotel, Selasa (8/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Anton menyatakan dukungan penuh dari DPD REI Riau untuk pengembangan jaringan yang terus dilaksanakan Perumdam Tirta Siak. Sebagai pengusaha perumahan, pihaknya merasa jika air bersih yang disediakan untuk pelanggan rumah harus sesuai dengan permenkes.

“Aksesnya juga tidak sulit, tentu ini kita dukung bersama secara penuh,” ungkapnya.

Pengembangan Jaringan

Sementara itu, General Manager Business Development Perumdam Tirta Siak Muhammad Suhandi menanggapi pengembangan jaringan di Kecamatan Rumbai dan sekitarnya.

Ia mengungkapkan, proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) saat ini masih dalam tahap uji kelayakan. Baik yang saat ini sedang diusahakan dari SPAM Pekanbaru, maupun dari SPAM Rumbai.

“Peningkatan kapasitas di SPAM Rumbai nantinya akan dilakukan uprating 80 liter per detik. Kemudian penambahan reservoir dengan kapasitas 400m kubik,” jelasnya.

SPAM Rumbai

DPD REI juga berharap Perumdam Tirta Siak bisa memberikan akses air bersih kepada masyarakat hingga daerah Palas. Yang mana disebutkan memiliki sumber atau akses air secara terbatas.

SPAM Rumbai yang saat ini masih dalam tahap uji kelayakan, ditargetkan akan memulai konstruksi pada tahun 2023. Dimana akan melayani pelanggan di area Kecamatan Rumbai, Rumbai Barat, dan Rumbai Timur.

Selain melakukan rehabilitasi pada Instalasi Produksi Air (IPA), pada SPAM Rumbai juga akan dilakukan pembangunan IPA baru dengan kapasitas 170 liter perdetik dengan teknologi nano filtrasi yang juga akan meningkatkan kapasitas reservoir sebesar 2.500m kubik.

Area Kulim-Tenayan

DPD REI Riau juga berharap akses air bersih yang ada di Pekanbaru memberi akses kepada warga yang berada di area Kulim dan Tenayan. Mengingat daerah-daerah tersebut mulai dilirik untuk pembangunan pemukiman.

Menanggapi hal tersebut, Suhandi menjelaskan bahwa SPAM Kulim-Tenayan saat ini dalam masa Pra Uji Kelayakan atau Pre Feasibility Study.

“Saat ini untuk SPAM Kulim-Tenayan akan dibangun untuk produksi hingga 400 liter perdetik. Konstruksi Kulim-Tenayan juga akan segera dimulai pada 2023,” tandasnya.

Peningkatan Kualitas Air Bersih

Untuk memberikan pelayanan terbaik untuk peningkatan kualitas air bersih, ada beberapa SPAM yang akan memberikan layanan kepada pelanggan.

Di antaranya, SPAM Pekanbaru yang akan memberikan layanan kepada 6 kecamatan. SPAM Rumbai yang akan melayani 3 kecamatan, SPAM Regional Pekan – Kampar yang akan melayani 5 kecamatan. Lalu SPAM Kulim – Tenayan yang akan melayani seluruh kelurahan yang ada di area tersebut.

Kota Pekanbaru sendiri merupakan salah satu dari 15 kota metropolitan di Indonesia. Menjadi kota yang berkembang dengan segala sector, dari pusat perbelanjaan, investasi bisnis hingga perumahan terus berkembang di Pekanbaru.

Hal tersebut seiring sejalan dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Salah satu concern Pemerintah Pekanbaru adalah meningkatkan pelayanan publik, yang salah satu di antaranya yaitu pelayanan air bersih.