Pasar Cik Puan Pekanbaru Harus Dibangun Secepatnya, Tegas Pj Wako

0
249
Pasar Cik Puan

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun menegaskan untuk memulai pembangunan Pasar Cik Puan Pekanbaru pasca kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu.

Kios Sementara Belum Dibangun

Diketahui hingga saat ini pembangunan kios sementara di Pasar Cik Puan Kota Pekanbaru belum dilaksanakan. Padahal jika dihitung dari kejadian kebakaran hebat yang terjadi di pasar Jalan Tuanku Tambusai tersebut, sudah hampir tiga pekan lamanya.

Diharapkan Selesai Pada Bulan Ramadhan 1444 H

Muflihun menegaskan untuk memulai pembangunan kios sementara pada pekan ini. Ia juga mengingatkan, agar pembangunan kios sementara ini selesai saat memasuki bulan Ramadhan 1444 H.

“Untuk pembangunan kios sementara Pasar Cik Puan juga kita dorong, agar bisa digesa. Sebab terlalu lama pedagang menunggu,” ungkapnya.

Muflihun mengatakan bahwa pengukuran lokasi pembangunan kios sementara sudah dilakukan oleh tim. Pihaknya juga menyadari bahwa proses administrasi saat ini masih sedang berjalan. Apalagi saat ini ada pergeseran dana Belanja Tidak Tetap (BTT) untuk membangun kios sementara.

Menggunakan Anggaran Pemko Pekanbaru

Proses pembangunan kios sementara ini nantinya akan menggunakan anggaran Pemerintah Kota Pekanbaru. Pembangunan kios sementara akan berlangsung dalam waktu dekat dan proses administrasi keuangan telah diselesaikan agar pembangunan dapat segera dimulai.

Diakui Muflihun, sebenarnya tidak ada masalah anggaran dalam pembangunan kios sementara ini.

“Hanya soal administrasi saja, kalau bisa pekan ini. Kalau bisa jangan nunggu puasa dulu, ya sebelum puasa harus dibangun,” pungkasnya.

Proses pendataan jumlah kios dan pedagang sudah dimulai. Totalnya saat ini sudah tercatat ada sebanyak 141 pedagang dan 206 kios direncanakan akan dibangun.

Kebakaran Pasar Cik Puan

Sebelumnya, diberitakan kebakaran hebat telah terjadi di pasar yang juga dikenal sebagai Pasar Loket ini pada hari Minggu (19/2/2023) lalu dan mengakibatkan ribuan kios beserta dagangannya habis terbakar.

Diketahui, ada sebanyak 400 kios yang hancur ludes dalam kebakaran ini. Diduga penyebab kebakaran tersebut ialah akibat kobaran api arus listrik yang muncul dari kios kosong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.