Panas Ekstrem di Pekanbaru, Diskes Belum Temukan Warga Sakit

0
235
Panas Ekstrem di Pekanbaru

Saat ini hampir di seluruh daerah di Indonesia mengalami cuaca panas yang ekstrem, termasuk di Kota Pekanbaru.

Apakah Ada Warga Jatuh Sakit?

Suhu udara di Kota Pekanbaru mencapai 35 derajat celsius, hal tersebut membuat kekhawatiran apakah terdapat  warga yang jatuh sakit akibat cuaca panas ekstrem ini?

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih menyatakan, hingga saat ini belum ada laporan ditemukannya warga yang jatuh sakit akibat cuaca panas ekstrem ini.

Akibat Cuaca Ekstrem

Panas ekstrem di Pekanbaru ini dapat mengakibatkan infeksi pada saluran pernapasan atas (ISPA). Yang merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi ketika kondisi cuaca dengan suhu panas.

“Di tengah cuaca ekstrem ini biasanya penyakit yang banyak muncul itu adalah ISPA. Namun sejauh ini di Pekanbaru masih biasa saja,” ucap Zaini, Senin (22/5/2023).

Walaupun belum ada laporan terkait warga yang jatuh sakit akibat cuaca ekstrem, pihaknya tetap mengimbau kepada warga untuk tetap menjaga kesehatan di tengah cuaca ekstrem dengan suhu yang sangat panas dan tiba-tiba turun hujan.

Beberapa yang Harus Diperhatikan

Untuk menghindari dampak dari cuaca ekstrem ini, Zaini menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang, cukup kalori, protein, karbohidrat, lemak, serta mengadung vitamin.

Tak hanya memakan makanan bergizi, warga disarankan untuk menghindari memakan makanan yang manis-manis, berminyak, bersantan, dan berlemak. Terutama bagi warga yang sudah menginjak kepala 5 ke atas.

Zaini juga meminta masyarakat untuk meminum air putih dua liter per harinya. Tak hanya memperhatikan apa yang dikonsumsi, ia juga menyarakat warga untuk aktif melakukan kegiatan fisik dan olahraga.

Karena itu, agar kesehatan tubuh terjaga, maka konsumsilah makanan bergizi seimbang, banyak minum air putih dan olahraga ini. Mudah-mudahan kita bisa terhindar dari dampak cuaca ekstrem,” ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada warga yang memiliki keluhan kesehatan segara mendatangi fasilitas kesehatan untuk diberikan penanganan lebih lanjut dan tepat.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.