Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia Urutan ke..

0
447
Negara Paling Bahagia

Encik dan puan sudah tahukah bahwa ternyata di dunia ini ada sejumlah negara yang dikategorikan sebagai negara paling bahagia di dunia?

Hal ini berdasarkan laporan World Happiness Report 2023 yang dikeluarkan oleh United Nations Sustainable Development Solutions Network. Berikut ini daftar 10 negara paling bahagia di dunia.

1. Finlandia

Negara Finlandia telah menempati top negara paling bahagia se-dunia selama 6 tahun berturut-turut. Laporan menyebutkan warga Finlandia memiliki 3 kunci utama bahagia, yakni tidak membandingkan diri dengan orang lain, memiliki kecintaan terhadap alam, serta saling percaya dan jujur dengan lingkungan sosial.

2. Denmark

Berdasarkan laporan tahun lalu dan sekarang, negara Denmark masih bertahan sebagai negara paling bahagia ke-2 setelah Finlandia. Negara Denmark memiliki tingkat kesetaraan dan kesejahteraan sosial yang tinggi, serta mengedepankan tanggung jawab bersama.

3. Islandia

Negara di wilayah utara Samudra Atlantik ini disebut sebagai negara yang memiliki tingkat keceriaan, kebahagiaan, dan keoptimisan yang tinggi. Warga Islandia dilaporkan sebagai orang-orang yang tangguh, ulet dan baik hati.

4. Israel

Walaupun negara Israel memiliki konflik dengan Palestina, negara ini menduduki nomor 4 negara paling bahagia di dunia. Disebutkan alasannya karena warga Israel lebih fokus pada kebahagiaan diri serta memiliki kepuasan hidup yang baik.

5. Belanda

Belanda mungkin salah satu negara yang patut dicontoh untuk segi kepuasan dalam hidup. Negara ini tercatat memiliki tingkat kedermawanan, penghasilan, dan dukungan sosial yang baik. Bahkan tingkat korupsi di sana sangat rendah.

6. Swedia

Warga Swedia memilih untuk bisa menemukan kualitas hidup yang sesungguhnya lewat ‘quality time’ bersama diri sendiri, keluarga dan kerabat. Bagi mereka pendapatan bukanlah hal utama.

7. Norwegia

Negara yang memiliki keindahan alam ala Eropa ini dilaporkan menjadi negara yang menerapkan Work-Life Balance sebagai kunci kebahagiaan para pekerja. Selain itu, Norwegia memiliki kekayaan wisata alam yang menjadikan warganya menyukai travelling di negaranya. Inilah salah satu faktor para warganya berbahagia.

8. Swiss

Salah satu negara di Eropa yang sering dijadikan tempat tujuan wisata alamnya adalah Swiss. Selain karena keindahan alamnya yang membentang luas, faktor ekonomi yang baik, harapan hidup, dan kesehatan warganya juga dinilai tinggi.

9. Luksemburg

Negara di bagian Eropa ini memiliki angka ekonomi dan kehidupan yang tinggi, bahkan negara ini juga mengedepankan kebebasan individu.

10. Selandia Baru

Jika 9 negara tadi berada di Eropa, maka Selandia Baru yang berdekatan dengan Australia ini menjadi negara ke-10 paling bahagia di dunia.

Memiliki sejumlah kekayaan alam yang luas, Selandia Baru dilaporkan memiliki warga yang senang menikmati waktu mereka untuk bersantai sambil menikmati alam. Selain itu tingkat keamanan, work-life balance hingga stabilitas politik cukup baik di negara ini.

Posisi Indonesia

Sayangnya, Indonesia tidak termasuk dalam 10 daftar teratas. Indonesia menempati posisi ke-84 dari 137 negara.

Adapun 6 variabel yang diukur untuk melihat kebahagiaan warga suatu negara adalah pendapatan (PDB per kapita), dukungan sosial, harapan hidup sehat, kebebasan untuk menentukan pilihan hidup, kedermawanan, dan kebebasan dari korupsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.