Naik Pesawat Pertama Kali dan Sendiri? Ini Tipsnya

178
Naik Pesawat Pertama Kali

Saat naik pesawat pertama kali, mungkin kamu akan merasakan kebahagiaan, penasaran, sekaligus deg-degan?

Apalagi sudah pengalaman pertama naik pesawat dan sendirian. Sebenarnya hal tersebut tidak masalah sekali, intinya kumpulkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, datang tepat waktu, dan satu hal lagi tetap tenang jangan gugup berlebihan.

Nah, meski kamu sudah bertanya-tanya kepada mereka yang bolak-balik naik pesawat, namun belum mendapatkan tips yang tepat, tenang saja akan diberikan cara gampangnya. Inilah tips supaya bisa lancar bagi kamu yang naik pesawat pertama kali.

Memahami Prosedur Bandar Udara

Memahami Prosedur Bandar Udara

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami prosedur bandara. Misalnya saja di mana titik layanan keberangkatan, terminal, apa saja berkas yang perlu ditunjukkan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Cari tahu semua hal tersebut, jangan sampai kebingungan sendiri di bandara. Tanya kepada orang-orang terdekat apa saja prosedur penting yang perlu diterapkan.

Melakukan Check In Online

Melakukan Check In Online

Sekarang ini sudah banyak maskapai penerbangan yang menyediakan layanan check-in online. Cara ini akan membuat kamu bisa check-in dan mengeprintnya sendiri dari rumah. Melalui website atau aplikasi. Jika melakukan check-in secara online, kamu bisa memangkas waktu yang biasanya digunakan untuk mengantre panjang di depan counter check in manual.

Ada banyak maskapai penerbangan yang sudah menawarkan layanan ini. Termasuk juga Garuda Indonesia. Lebih memudahkannya lagi, kamu bisa melakukan checkin online Garuda Indonesia melalui aplikasi Traveloka. Aplikasi ini menyediakan secara khusus bagi para penggunannya, sangat memudahkan dan memangkas banyak waktu.

Untuk kebijakan check-in online Garuda Indonesia, tersedia 24 jam sampai 4 jam 30 menit sebelum keberangkatan. Nah, khusus bagi yang melakukan keberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, check-in tersedia dari 24 jam hingga 2 jam 30 menit sebelum keberangkatan. Jadi waktu check in lebih lama.

Tiba di Bandara Tepat Waktu

Tiba di Bandara Tepat Waktu

Hal lainnya yang perlu dilakukan adalah tiba di bandara tepat waktu. Perkirakan jarak tempuh dari rumah ke bandara. Apakah memakan waktu yang lama atau tidak. Selain itu perhatikan juga apakah biasanya macet atau tidak, karena ini bisa saja membuat kamu ketinggalan pesawat jika terlalu meremehkannya.

Apalagi bagi kamu yang pertama kali naik pesawat, biasanya rasa penasaran masih tinggi dan ingin mengeksplor tempat-tempat di bandara. Jadi, persiapkan banyak waktu supaya bisa pas sebelum keberangkatan.

Pelajari Jenis Bagasi Pesawat

Pelajari Jenis Bagasi Pesawat

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah pelajari jenis bagasi. Karena ini berhubungan dengan budget. Jika nantinya ukuran tas atau koper yang dibawa melebihi ambang batas, biasanya akan kena tambahan biaya. Namun jika memutuskan untuk membuangnya tentu saja tidak akan ada tambahan biaya. Sejauh ini ada dua jenis bagasi, yakni bagasi kabin dan bagasi tercatat.

Pastikan Kopermu Mudah Untuk Ditemukan

Pastikan Kopermu Mudah Untuk Ditemukan

Bukan tidak mungkin kamu akan bertemu dengan seseorang yang memiliki koper yang sama persis dengan milikmu. Maka dari itulah supaya lebih mudah ditemukan, tandai koper dengan sesuatu yang mudah dikenali. Bisa pita, syal, tempelan-tempelan, dan lain sebagainya. Jangan sampai tertukar, karena tentunya akan menjadi PR tersendiri nantinya jika tertukar, apalagi terbawa oleh orang lain.

Selain itu semua jika kamu memiliki perjalanan yang panjang, usahakan untuk mengenakan pakaian yang nyaman. Pun alas kaki juga yang nyaman, jangan terlalu sempit, takutnya bagian kaki tidak longgar bisa menyebabkan kaki bengkak. Untuk berjaga-jaga kondisi kesehatan tiba-tiba saja memburuk, selalu bawa obat-obatan pribadi juga ya.