Naik Bus TMP Untuk Kurangi Kemacetan

0
199
Naik Bus TMP

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengimbau masyarakat Pekanbaru untuk naik bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) guna mengurai kemacetan di Pekanbaru.

Kemacetan di Pekanbaru

Beberapa ruas jalan di Pekanbaru saat ini mengalami kemacetan saat jam tertentu. Demikian yang diutarakan oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.

Tidak hanya macet, sejumlah ruas jalan juga hampir penuh dengan kendaraan. Bahkan di beberapa tempat tertentu juga sulit untuk mendapatkan area parkir.

“Muncul keluhan dari masyarakat, mulai dari macet hingga susah mencari tempat parkir,” ungkapnya.

Sehingga pihaknya mengimbau masyarakat untuk menggunakan transportasi umum seperti TMP. Untuk diketahui bahwa saat ini jumlah kendaraan di Kota Pekanbaru telah mencapai satu juta unit.

“Makanya kami mendorong masyarakat untuk naik bus TMP, ” ujar Indra Pomi.

Halte Bus TMP Akan Diperbaiki

Agar masyarakat nyaman menggunakan transportasi umum khususnya TMP, maka Pemko Pekanbaru akan memperbaiki halte bus TMP dan membangun trotoar.

Ia menjelaskan bahwa Pemko Pekanbaru akan berupaya untuk terus mengkampanyekan naik bus. Karena dunia internasional selalu memantau kandungan gas karbon kota-kota di Indonesia.

Bus TMP sendiri dipuji oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi termasuk transportasi umum yang terbaik di Indonesia.

Naik TMP Akan Pakai Kartu

Untuk terus meningkatkan inovasi dan pelayanan kepada masyarakat, Pemko Pekanbaru bekerja sama dengan BRI yang mengeluarkan kartu Brizzi untuk pembayaran TMP.

Untuk diketahui, pembayaran melalui sistem non tunai atau uang elektronik ini telah diberlakukan oleh Pemko Pekanbaru sejak 25 Juni 2023 lalu.

Namun saat ini pembayaran non tunai menggunakan kartu elektronik tersebut tidak langsung diterapkan secara serentak. Akan tetapi dilakukan sosialisasi selama tiga bulan ke depan.

“Saat ini pembayaran tunai masih diperbolehkan, QRIS juga,” terangnya.

Pemko Pekanbaru sendiri telah menyiapkan sebanyak 40 unit alat tapping pembayaran non tunai. Nantinya pramuniaga Bus TMP akan mengarahkan penumpang untuk melakukangem pembayaran non tunai.

Adapun warga Pekanbaru diimbau untuk segera memiliki aplikasi pembayaran non tunai atau kartu e-money, dimana dapat diunduh melalui smartphone masing-masing.

Sedangkan untuk kartu Brizzi, Encik dan Puan dapat membelinya di Alfamart dan Indomaret atau bisa didapatkan di kantor cabang BRI terdekat.

Penggunaan non tunai sendiri memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat. Selain untuk membayar TMP, juga bisa untuk membayar tol, parkir bandara, bayar tagihan listrik, internet, asuransi, belanja, serta berbagai keperluan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.