Motif Batik Corona Dalam Launching Yayasan Pesona Kreasi Riau

118
Motif Batik Corona

Di tengah wabah pandemi Covid-19, menumbuhkan kreativitas sangat diperlukan. Demikian dengan istri Gubernur Riau (Gubri) Misnarni Syamsuar yang menciptakan motif batik corona.

Motif batik Corona tersebut dipakai Gubri Syamsuar saat launching Yayasan Pesona Kreasi Riau di Hotel Premiere Pekanbaru, Jumat (19/2/2021).

Turut hadir istri Danrem 031/WB Fitri Rubiyanti Syech Ismed, istri Danlanud Roesmin Nurjadin Iswari Iskandar, serta Ketua Yayasan Pesona Kreasi Riau Amnah Awaloeddin.

Ketua TP. PKK Riau ini mengungkapkan bahwa dirinya membuat bermacam motif batik khas Provinsi Riau dalam jangka waktu satu bulan.

Pembuatan batik awalnya untuk menghilangkan kebosanan pada masa pandemi Covid-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda berakhir. Kondisi tersebut memaksanya untuk berfikir kreatif, namun tetap mengandung nilai seni dan budaya dari Bumi Melayu Riau.

Beberapa motif yang telah dibuat Misnarni antara lain motif Batik Corona, motif Batik Tanaman Merambat seperti kencur, jahe dan lainnya, motif batik Daun Pisang, motif Batik Keladi Janda Bolong, serta masih banyak lagi.

Nantinya beberapa motif batik kreasi Misnarni tersebut akan dipamerkan dalam event Riau International Fashion Festival 2021 yang digelar pada tanggal 1-4 April 2021 mendatang.

Ketua Yayasan Pesona Kreasi Riau, Amnah Awaloeddin berharap batik dan tenun Melayu Riau dapat lebih dikenal lagi di kancah internasional. Selain itu, melalui event ini dapat memberdayakan UMKM Batik Riau dan tenun Riau.

Lebih lanjut ia mengatakan, dibentuknya yayasan tersebut bertujuan untuk menjadi wadah bagi pengagum industri kreatif terutama di bidang fashion, yang mana nantinya akan melestarikan kekayaan budaya Melayu Provinsi Riau khusunya batik dan tenun.

Gubri dalam sambutannya mengapresiasikan Yayasan Pesona Kreasi Riau yang dinilai akan menghidupkan kembali budaya batik dan tenun di Provinsi Riau.

Riau sendiri memiliki banyak kearifan lokal yang mengandung nilai seni dan budaya. Hal ini merupakan potensi besar sehingga harus dikembangkan dan dilestarikan.

Launching Yayasan Pesona Kreasi Riau: