Mengenal Sikap Asertif Untuk Meredam Agresif dan Pasrah

62
Mengenal Sikap Asertif

Sering mengalami masalah dalam kehidupan sehari-hari terutama saat berada dalam lingkungan sosial tertentu? Mengenal Sikap Asertif tentunya cocok untuk meredam agresif dan pasrah.

Polemik yang muncul terkadang menciptakan kondisi yang tidak baik untuk Ncik dan Puan, contohnya adalah tersinggung dengan ucapan orang lain atau sebaliknya.

Selain itu terdapat satu hal lain yang sering terjadi di kehidupan keseharian kita adalah, toleransi suatu kesalahan. Yang jika kita salah dalam hal penyampaian akan menjadikan posisi kita tidak dihargai.

Namun jika kita terlalu keras dalam berbicara, malah menyebabkan perlawanan dan munculnya sikap saling membenci.

Penting untuk penulis sampaikan hal ini, untuk memberikan satu topik diskusi terkait dengan sifat yang harus kita miliki tidak terlalu toleransi namun juga tidak terlalu agresif, ini yang dimaksud dengan asertif.

Sifat Asertif atau perilaku asertif merupakan kemampuan untuk berbicara atau menyampaikan dan bertindak menyebabkan orang lain merespon dengan penuh perhatian dan positif.

Mari kita mengenal sikap Asertif yang dirumuskan oleh Dale Carneige:

Bersiap dengan Refleksi Diri

Jika ncik dan puan adalah orang yang sulit berkata tidak, mulai hitung berapa kali anda mengatakan tidak. Atau sebaliknya. Secara singkat, dalam bersiap melakukan refleksi diri, kita yang sulit berkata “tidak” berhak diutamakan, setidaknya dalam suatu moment. Kita boleh melakukan kesalahan,asalkan setelah itu belajar dari kesalahan tersebut.

Melakukan Uji Diri Secara Jujur

Umumnya sikap pasrah atau toleransi yang berlebih dan sikap agresif berakar dari masa kita kanak-kanak. Sekarang sudah waktunya ncik dan puan menemukan asal-usul tersebut dan menyadari kita telah jauh melampauinya.

Mengukur Dunia di Luar Kita

Setelah mengukur diri secra jujur sudah wakktunya mengalihkan fokus pada dunia luar. Mulai perhatikan dan ukur berbagai hal yang terjadi dari kehidupan kita, terutama dalam kehidupan profesional. Ambil satu kondisi yang mengganggu pikiran kita, dan mulai merancang rencana secara spesifikdan rinci. Salah satu yang harus kita lakukan adalah bersikap tegas. Selain itu, saat berbicara dalam suatu keadaan tertentu, pastikan kita berbicara masalah yang ada pada saat itu, dan bukan membawa masalalu.

Tes Jalanan

Ncik dan puan bisa mulai memilih beberapa permasalahan yang bisa kita kendalikan. Mulai situasi tersebut dengan situasi yang lebih mudah dan kurang menekan. Bangun rasa percaya diri.