Masjid Raya An-Nur Akan Dijadikan Kawasan Wisata & Religi

82
Masjid Raya An Nur

Kawasan Masjid Raya An-Nur akan dikembangkan menjadi kawasan wisata dan religi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Adapun rencana pembangunan ini disampaikan langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, dalam acara coffee morning satu tahun kepemimpinan Gubri dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution bersama wartawan, di Ruang Rapat Kenanga Kantor Gubernur Riau, Senin (24/02).

Sebagaimana diketahui, kawasan Masjid Raya An-Nur Provinsi Riau merupakan masjid kebanggaan masyarakat Riau.

Syamsuar menyebutkan, potensi wisata Masjid Raya An-Nur sangat besar. Namun karena terdapat beberapa kendala permasalahan pembangunannya sehingga menyebabkan potensi kawasan ini tidak bisa dieksplorasi secara maksimal.

Ia mengungkapkan, beberapa permasalahan tersebut yaitu beberapa zona kawasan An-Nur tidak tertata dengan baik sehingga fungsi ruang dan kawasan menjadi tumpang tindih.

“Area parkir mobil didepan pintu masuk sangat mengganggu view ke arah masjid, salah satu bangunan sekolah TK letaknya juga cukup jauh dari bangunan lainnya,” katanya.

Selain itu, Gubri juga menyebutkan bahwa permasalahan lainnya ialah akses masuk hanya terpusat pada satu titik masuk sebelah selatan seberang poli rawat jalan RSUD Arifin Achmad sehingga akses motor dan mobil tergabung, kendaraan besar seperti bus tidak bisa masuk kedalam kawasan masjid serta tidak adanya karakteristik ikon islami dari gerbang bangunan masjid tersebut.

Ia juga mengungkapkan, di kawasan masjid juga masih terdapat banyak lahan kosong yang bisa dimanfaatkan untuk pembangunan kawasan ekonomi syariah atau kawasan penginapan bagi para ustadz pengisi pengajian yang enggan menginap di hotel.

“Fasilitas kamar mandi atau toiletnya juga sudah rusak, bekas kolam renang di kawasan masjid juga sangat mengganggu pemandangan masjid ini makanya perlu kita atur termasuk parkirannya juga,” ujar Syamsuar.

Terangnya, Pemprov Riau akan menata kawasan ini dengan sebaik mungkin. Dimana, masyarakat bisa memanfaatkannya sebagai kawasan ibadah, kawasan olahraga serta kawasan kebanggaan masyarakat Riau.

Rencana Pengembangan Masjid Annur

Rencana Penataan Masjid Annur

“Akan kita tata dengan baik, ada air mancurnya juga nanti, jadi kalau malam pun bisa bermain di sekitar masjid tersebut. Kita akan buat masjid kebanggaan masyarakat Riau yang betul-betul rapi, kalau ada tamu berkunjung kota tidak malu lagi,” tutupnya.