Masjid di Pekanbaru Yang Gelar Salat Ied 9 Juli 2022

0
974
Masjid di Pekanbaru

Muhammadiyah telah menetapkan Iduladha 1443 jatuh pada 9 Juli 2022, berikut masjid di Pekanbaru yang melaksanakan Salat Iduladha pada 9 Juli 2022 mendatang.

Ada 10 Masjid

Di Kota Pekanbaru sendiri, ada 10 masjid yang disiapkan pihak Muhammadiyah untuk menyelenggarakan salat Ied Sabtu (9/7/2022). Adapun 10 masjid tersebut di antaranya adalah:

  1. Masjid Taqwa Muhammadiyah (halamannya) Jalan Srikandi
  2. Halaman Masjid Alfida Muhammadiyah Jalan Ahmad Dahlan
  3. Masjid Taqwa Muhammadiyah (halamannya) Jalan Cipta Karya
  4. Halaman Masjid Abubakar Muhammadiyah Jalan Labuh Baru Barat
  5. Masjid Taqwa Komplek Panti Putra Muhammadiyah (halamannya) Jalan Kesuma
  6. Halaman Kampus Muhammadiyah Riau Jalan Tuanku Tambusai
  7. Halaman Masjid Al Furqan Jalan Serayu
  8. Masjid Taqwa Pasar Pusat Jalan Hos Cokroaminoto
  9. Masjid Nurul Yaqin Jalan Paus
  10. Halaman SMP Muhammadiyah 2 Jalan Utama Simpang Tiga
Terbuka Untuk Umum

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Riau Abdul Wahid mengatakan, mengimbau kepada warga Muhammadiyah untuk beramai-ramai melaksanakan sesuai keputusan dari PP Muhammadiyah.

Sebagaimana diketahui, Muhammadiyah menetapkan hari raya Iduladha sehari lebih awal dari pelaksanaan shalat Iduladha yang ditetapkan pemerintah, yakni 10 Juli 2022 mendatang.

Sementara untuk masyarakat yang merayakan hari raya Iduladha pada 9 Juli, ia mengajak untuk bergabung melaksanakan salat Iduladha bersama Muhammadiyah.

“Bagi masyarakat umum yang meyakini hari raya Sabtu besok, mari salat Ied bersama kita,” pungkas Abdul Wahid.

Hargai Perbedaan

Sementara itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau mengimbau masyarakat tidak perlu berdebat soal perbedaan Hari Raya Iduladha antara pemerintah dan Muhammadiyah.

Menurut Ketua MUI Riau Ilyas Husti, perbedaan itu merupakan dinamika yang tidak perlu dimasalahkan. Karena keduanya benar dan memiliki landasannya masing-masing. Dimana ada yang menggunakan metode rukyat dan hisab.

Lebih lanjut ia menyebutkan, Rasulullah pernah mengatakan bila seorang melakukan ijtihad. Jika benar dapat dua pahala dan satu pahala ketika tidak benar ijtihad. Hal tersebut berarti tak ada yang salah dan tidak berdosa.

Ia juga mengimbau seluruh umat muslim, untuk menghormati yang merayakan 9 Juli. Dengan demikian tidak perlu diperdebatkan. Terlebih jika sampai terjadi perpecahan, hingga saling menyalahkan.

Penyebab Perbedaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.