Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

0
872
Manfaat Daun Sirsak

Selama ini kita hanya menikmati buah sirsak tanpa tahu ternyata daun sirsak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Daun sirsak diketahui mengandung antioksidan termasuk fitosterol, tanin, dan flavonoid yang baik untuk perlindungan mekanisme kerja tubuh. Dikutip dari halodoc.com, berikut manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh.

Mengobati Insomnia

Daun sirsak sendiri telah digunakan untuk mengobati insomnia secara herbal. Karena memiliki kandungan yang bersifat relaksan otot polos, daun sirsak dapat bertindak sebagai obat penenang. Minum segelas teh herbal yang dibuat dari daun sirsak juga dapat membantu meredakan stres.

Membantu Mengelola Diabetes

Selain itu daun sirsak juga dipercaya mampu membantu mengelola diabetes. Karena selain dapat menurunkan kadar gula darah, kandungan pada daun sirsak menghambat enzim yang membantu menghalangi penyerapan karbohidrat kompleks menjadi glukosa.

Membantu Pengobatan Kanker

Ekstrak tanaman sirsak memiliki efek antiproliferatif dan sitotoksik. Yang dapat membantu mengobati kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, leher rahim, ovarium, mulut, dan kulit.

Hal tersebut terungkap dalam jurnal ilmiah “Anticancer Properties of Graviola (Annona muricata): A Comprehensive Mechanistic Review” yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health.

Bahan bio aktif yang disebut annonaceous acetogenins (AGEs) mempunyai beberapa sifat antikanker. AGEs mampu membunuh sel kanker, dengan menghambat pertumbuhan protein sel kanker.

Pengobatan Rematik

Penyakit rematik yang umumnya dialami oleh lansia, juga dapat diobati dengan daun sirsak. Caranya dengan menumbuk daun sirsak hingga menjadi halus. Kemudian oleskan pada bagian tubuh yang sakit akibat radang sendi dan eksim. Lakukan secara teratur setidaknya dua kali sehari.

Mengobati Maag

Zat dalam daun sirsak mampu mengurangi peradangan serta juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit. Daun sirsak juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga proses penyembuhan maag yang biasanya lambat, jadi lebih singkat karena sistem imun yang aktif.

Menstabilkan Tekanan Darah

Sirsak kaya akan potasium dan zat besi yang dapat menurunkan tingkat tekanan darah tinggi. Potasium meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik, sedangkan zat besi membantu mengatur detak jantung. Karena itu minum air rebusan daun sirsak direkomendasikan untuk pengidap tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Encik dan Puan rasakan khasiatnya dari daun sirsak. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.