Mal Vaksinasi Riau Diresmikan, Pertama di Indonesia

402
Mal Vaksinasi Riau

Bersempena HUT ke-65 Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Kesehatan Riau meresmikan Mal Vaksinasi Riau di Gedung Arsip Dinkes Riau Jalan Melur Pekanbaru, Kamis (11/8/2022).

Pertama di Indonesia

Mal Vaksinasi Riau yang diresmikan oleh Gubernur Riau Syamsuar ini merupakan yang pertama di Indonesia. Turut hadir Plt Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Yudhi Pramono. Serta Kepala Dinas Kesehatan Riau Zainal Arifin.

Demi Herd Immunnity

Tujuan didirikannya adalah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi dan imunisasi agar terciptanya herd immunity.

Alasan Peresmian

Kepala Dinas Kesehatan Riau Zainal Arifin mengungkapkan, peresmian mal vaksinasi ini disebabkan karena beberapa hal.

Di antaranya karena animo masyarakat yang tinggi saat berkunjung ke bekas rumah vaksinasi 24 jam walaupun telah ditutup. Selain itu akhir-akhir ini meningkatnya kasus Covid-19 di Riau. Kemudian belum adanya pelayanan vaksinasi yang mudah diakses oleh masyarakat di Kota Pekanbaru.

Karena adanya masukan dari praktisi kesehatan masyarakat, maka Dinkes Riau bersama Dinkes Kota Pekanbaru membuka pelayanan kepada masyarakat melalui Mall Pelayanan Vaksinasi COVID-19 dan Imunisasi rutin.

Beragam Jenis Vaksin & Imunisasi

Adapun vaksinasi yang tersedia di sini mulai dari vaksin 1 hingga vaksin 3 atau booster sebanyak 500-600 dosis.

Selain itu anak-anak juga bisa melakukan imunisasi rutin di lokasi tersebut yang biasanya hanya didapatkan di posyandu atau di fasilitas kesehatan. Seperti, imunisasi Bacillus Calmette–Guérin (BCG), polio, campak, rubella, dan lain-lainnya.

Jam Operasional

Adapun jam operasional Mall Vaksinasi tersebut selama 12 jam setiap harinya, mulai pukul 09.00-21.00 WIB. Jadi masyarakat yang ingin vaksin bisa langsung datang ke lokasi dengan membawa kartu identitas KTP.

Juga bisa pula mendaftar terlebih dahulu melalui link online barcode yang telah disediakan. Melalui link online barcode tersebut, nanti kita bisa membuat perjanjian kapan akan berkunjung lagi.

Ada 3 Pelayanan

Di gedung mall vaksinasi tersebut terdapat tiga jenis pelayanan sekaligus yakni mall vaksinasi dan imunisasi, unit kearsipan yang sudah sistem digitalisasi, dan public service call 119.

Diakomodir Puskesmas Melur

Terkait penyediaan tenaga kesehatan di Mal Vaksinasi tersebut, akan diakomodir oleh Puskesmas Melur. Hal ini, ungkap Kadinkes Riau Zainal, telah melalui proses penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).