Lendir di Paru-paru Berlebih, Berikut 6 Cara Alami Hilangkannya

125
Lendir di Paru-paru

Tahukah Encik dan Puan bahwasanya di paru-paru terdapat lendir yang berfungsi untuk menangkap kotoran guna menghalangi kotoran untuk menyebar hingga ke seluruh tubuh.

Dapat Ganggu Kesehatan

Namun, ketika kadar lendir di paru-paru berlebihan hal tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan. Selain menggunakan obat-obatan medis untuk mengurangi lendir yang berlebihan pada paru-paru, Encik dan Puan dapat menggunakan cara alami untuk membersihkannya.

Berlebihnya lendir pada paru-paru biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, yakni pola hidup yang tidak sehat, merokok, serta paparan polusi.

Walaupun kelebihan produksi lendir di paru-paru tidak begitu membahayakan, namun jika hal ini dibiarkan saja dapat menyebabkan beberapa masalah serius seperti bronkitis, paru-paru basah, pneumonia, atau bahkan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

Cara Alami untuk Bersihkan Lendir di Paru-paru

berikut merupakan beberapa cara atau tips yang dapat Encik dan Puan coba untuk menghilangkan mukus atau lendir di paru-paru:

1. Minyak Esensial

Sejak dulu minyak esensial telah dipercaya untuk melancarkan pernapasan dan mengencerkan lendir yang berada di paru-paru. Biasanya jenis esensial peppermint dan kayu manis yang paling ampuh untuk menghilangkan lendir berlebihan pada paru-paru.

Cara menggunakannya sangat mudah, Encik dan Puan dapat menyiapkan diffuser. Atau jika tidak punya bisa menggunakan mangkuk yang sudah terisi air hangat. Kemudian, teteskan cairan esensial ke dalam diffuser ataupun mangkuk tadi.

Jika sudah, hirup uap selama 5-10 menit hingga pernapasan kembali lega. Encik dan Puan juga dapat menggunakan cara dengan mengoleskan cairan esensial ke dada secara rutin.

2. Batuk Terkontrol

Berbeda dengan batuk biasanya, batuk terkontrol ialah batuk dengan menstabilkan otot dada dan perut guna mengeluarkan lendir tersebut.

3. Latihan Pernapasan

Cara ini dapat menghilangkan lendir yang berlebihan dengan cara menarik dan menghembuskan napas dalam-dalam. Kemudian paru-paru akan secara perlahan mengembang. Teknik ini dapat menghilangkan lendir lengket dan juga melatih pergerakan otot pada paru-paru

4. Minum Banyak Air Putih

Air putih yang bersuhu hangat, dipercata dapat membersihkan saluran pernapasan dengan mengangkat lendir dan juga kotoran di paru. Tips ini sering direkomedasikan oleh dokter dan sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan lendir. Namun, masih banyak di antara kita yang tidak menerapkan hal ini.

5. Humidifier

Selanjutnya yakni dengan menggunakan humidifier atau alat pelembab udara. Alat ini digunakan pada malam hari dan diletakkan di sebelah tempat tidur agar tidur lebih nyenyak.

6. Madu

Terakhir ialah dengan menggunakan madu. Madu dapat dipercaya untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti flu, batuk dan banyak hal. Sebaiknya menggunaka madu yang murni tanpa adanya pengawet ataupun pemanis buatan.

Nah, itulah 6 cara atau tips yang dapat encik dan puan dapat gunakan ketikan terasa lendir berlebihan di paru-paru. Jika lendir pada paru-paru terasa parah dan tidak nyaman, Encik dan Puan sebaiknya langsung berkonstultasi ke dokter untuk dapat perawatan lebih lanjut.