Kelulusan SMA Riau 2022 Capai 95,5 Persen

0
283
Kelulusan SMA Riau 2022

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol mengatakan bahwa tingkat kelulusan SMA di Provinsi Riau tahun 2022 mencapai 95,5 persen.

Tidak Semua Daerah Lulus 100%

Diungkapkan Kamsol bahwa tingkat kelulusan di Provinsi Riau tidak ada yang 100 persen lulus, termasuk di Kota Pekanbaru dengan tingkat kelulusan 99,9 persen.

Ia menambahkan, ada berbagai pertimbangan kelulusan yang telah dipelajari oleh masing-masing sekolah terhadap siswa yang tidak lulus.

Bahkan, lanjutnya, ada sekolah di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang mana siswa tidak lulusnya mencapai 26 orang.

“Karena memang sekarang kelulusan siswa ditentukan oleh sekolah,” ujarna, Senin (9/5/2022).

Pekanbaru dan Kuansing Tertinggi

Lebih lanjut Kamsol mengungkapkan bahwa dari 12 Kabupaten/Kota, tingkat kelulusan tertinggi ada di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Yakni sebesar 99,9 persen, atau hanya satu siswa yang dinyatakan tidak lulus. Sementara untuk Kabupaten dengan tingkat tidak lulus siswa yang tertinggi Kabupaten Rokan Hilir, yakni sebanyak 26 siswa.

Kemudian disusul Kabupaten Kepulauan Meranti 21 orang, Rokan Hulu 16 orang, Indraglri Hilir 14 orang, dan Kampar sebanyak 10 orang.

Alasan Siswa Tidak Lulus

Dijelaskan Kamsol, biasanya tingkat kelulusan siswa SMA lulus semua. Akan tapi sekarang ada yang tidak lulus dengan berbagai alasan.

Seperti ada siswa yang meninggal dunia, ada yang menikah dan tidak ikut ujian, tidak ikut ujian semester enam, tidak ikut Ujian Sekolah (US), tidak mengikuti Proses Belajar Mengajar (PBM).

“Jadi alasan para siswa tersebut tidak diluluskan, sudah sesuai dengan aturan yang berlaku,” terang Kamsol.

Kelulusan Sudah Diumumkan

Adapun pengumuman kelulusan siswa SMA sudah diumumkan pada tanggal 5 Mei lalu, yang mana bertepatan dengan hari Raya Idul Fitri.

Pengumuman kelulusan tersebut melalui online dari sekolah masing-masing, sehingga tidak ada siswa yang datang ke sekolah. Jika pun ada yang ke sekolah, hanya melihat dari papan pengumuman.

Tidak Ada Yang Turun ke Jalan

Kamsol mensyukuri tidak adanya siswa SMA lulus yang turun ke jalan, dikarenakan masih dalam suasana lebaran. Pihaknya juga berharap tidak ada yang mencoret-coret baju.

Untuk diketahui, kelulusan SMA di Provinsi Riau tahun 2022 sebanyak 44.955 siswa. Sementara siswa yang tidak lulus sebanyak 112 siswa. Jumlah siswa kelas XII seluruh Riau sendiri sebanyak 45.219 siswa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.