Kecukupan Energi, Kunci Kebangkitan Negeri

33
Kecukupan Energi

Tahukah Encik dan Puan jika kecukupan energi menjadi kunci dari kebangkitan negeri? Karena pada dasarnya energi yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari adalah energi fosil yang terdiri dari minyak bumi, gas bumi, dan batu bara.

Energi Baru Terbarukan

Ketika berbicara energi fosil yang ada, Provinsi Riau memiliki sumber dari Minyak Bumi dan Gas Bumi, cukup besar. Namun apakah hal tersebut merupakan hal yang patut untuk didiamkan tanpa inovasi? Tentu tidak.

Meskipun sebagai daerah penghasil energi minyak bumi dan gas bumi, Provinsi Riau tidak bisa melupakan untuk turut serta dalam berbagai pengembangan energi baru terbarukan.

Dikutip dari Pertamina Power, Energi Terbarukan merupakan salah satu sumber energi yang dapat memenuhi kebutuhan energi dan menyumbang kepada bauran energi nasional dan membantu usaha mitigasi dampak perubahan iklim global.

Sumber energi ini digunakan hampir di seluruh dunia yang telah memanfaatkan energi terbarukan sebagai sumber energi strategis untuk mengantisipasi krisis energi.

Disebutkan oleh Rudi Hasan Saleh Kepala Seksi Pengujian UPT Laboratorium Pengujian Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, bahwa cadangan yang ada saat ini memang diprediksi akan cukup hingga 2050 mendatang, dalam hal ini yang dimaksud adalah minyak bumi.

Memiliki Peran Sentral

Kecukupan energi untuk negeri merupakan peran yang sangat sentral. Kecukupan dan ketahanan energi seolah menjadi kunci dalam bangkitnya negeri.

Bayangkan jika, dalam situasi pandemi kondisi kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang juga merupakan bagian penting dari energi tidak mencukupi.

Akan terjadi berbagai kesulitan yang tidak bisa dibayangkan, dimana berbagai pasokan distribusi akan tersendat dalam penyalurannya. Terutama bantuan-bantuan logistik, baik obat-obatan serta alat kesehatan juga akan terkendala.

Namun ada satu lagi, energi yang sangat penting dibutuhkan pada keadaan saat ini, yaitu listrik. Bagaimana ketergantungannya kegiatan belajar mengajar hingga bekerja kepada energi listrik. Jika pasokan listrik tidak memadai tentu akan menyebabkan banyak kegiatan dan kenyamanan yang terganggu.

Penggerak Pembangunan

Energi juga merupakan penggerak pembangunan. Pentingnya pengembangan sektor energi baru terbarukan juga tidak bisa dikesampingkan.

Pemanfaatan panas matahari, biogas dari limbah sawit, biomasa dari limbah cangkang sawit rasanya bisa memberikan bantuan. Jika memang produksi minyak bumi dan gas bumi tidak menemukan cadangan baru.

Dalam membangkitkan Negeri Cukup dan mandirinya energi merupakan sebuah kunci. Pentingnya inovasi, juga menjadi inti dari kemandirian energi untuk seluruh negeri.

Karena dalam hal ini tidak hanya Provinsi Riau yang harus memahaminya, namun seluruh Kepala daerah di seluruh Indonesia harus menyadari peran kunci dari kecukupan dan kemandirian energi.