Kecamatan Teramai di Pekanbaru, Berikut Daerahnya

0
6172
Kecamatan Teramai di Pekanbaru

Jika sebelumnya ada daerah tersepi di Kota Pekanbaru, kali ini kita membahas kecamatan teramai di Kota Pekanbaru. Encik dan Puan yang berdomisili di Kota Pekanbaru, tahu tidak di mana saja kecamatan paling ramai di Pekanbaru?

Geografis Pekanbaru

Jika dilihat secara geografis, Kota Pekanbaru atau ibu kota dari Provinsi Riau ini memiliki luas wilayah 632,27 km². Dari 632,27 km² dihuni lebih kurang 1,2 juta penduduk yang tersebar di 15 kecamatan dan 83 kelurahan.

Ternyata dari 15 kecamatan di Pekanbaru, terdapat 5 kecamatan dengan kategori kecamatan paling ramai di Pekanbaru.

Kecamatan Teramai

Data kecamatan paling ramai di Pekanbaru tersebut dikutip dari data Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan (Jiwa) 2021-2023 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pekanbaru.

Adapun 5 kecamatan paling ramai di Pekanbaru tersebut, di antaranya:

  • Tuah Madani

Pecahan atau hasil pemekaran dari Kecamatan Tampan ini merupakan kecamatan dengan penduduk paling ramai di Pekanbaru.

Kecamatan Tuah Madani memiliki jumlah penduduk yang mencapai 161.132 jiwa. Jadi tidak heran jika daerah ini juga disebut sebagai daerah ramai dan macet di Pekanbaru.

  • Marpoyan Damai

Kecamatan paling ramai di Pekanbaru selanjutnya adalah Kecamatan Marpoyan Damai dengan jumlah penduduk sebanyak 150.313 jiwa.

Kecamatan hasil pemekaran dari Kecamatan Bukit Raya pada 2003 ini merupakan salah satu pintu gerbang Kota Pekanbaru.

  • Tenayan Raya

Selanjutnya daerah atau kecamatan paling ramai di Pekanbaru adalah kecamatan Tenayan Raya. Kecamatan hasil pemekaran dari Kecamatan Bukit Raya ini diketahui memiliki jumlah penduduk kurang lebih mencapai 116.014 jiwa.

Selain dikenal sebagai penghasil batu bata yang dikelola oleh masyarakat setempat, Tenayan Raya juga terkenal dengan hasil perkebunan ubi kayu. Tenayan Raya sendiri direncanakan akan dijadikan sebagai daerah kawasan industri.

  • Bukit Raya

Kecamatan Bukit Raya menjadi kecamatan paling ramai di Pekanbaru dengan urutan ke-4. Adapun jumlah penduduk di kecamatan ini mencapai 107.347 jiwa.

Tahukah Encik dan Puan, ternyata Bukit Raya merupakan pemekaran dari Kabupaten Kampar lho. Tepatnya pemekaran dari Kecamatan Siak Hulu.

Dulunya merupakan kecamatan dengan wilayah yang luas, oleh karenanya Bukit Raya akhirkan dimekarkan menjadi tiga kecamatan.

Yakni Kecamatan Bukit Raya sebagai kecamatan induk, lalu Kecamatan Marpoyan Damai dan Kecamatan Tenayan Raya sebagai kecamatan pemekaran.

  • Rumbai

Adapun di posisi kelima, ada Kecamatan Rumbai dengan jumlah penduduk mencapai angka 102.207 jiwa. Kecamatan ini dikenal karena sentra kerajianan rotannya di Jalan Yos Sudarso.

Sebaran Penduduk Pekanbaru

Berikut ini daftar sebaran penduduk Kota Pekanbaru per kecamatan:

Itulah tadi lima kecamatan teramai yang ada di Kota Pekanbaru, semoga informasi ini bermanfaat bagi Encik dan Puan yang membutuhkan.