Kamera ETLE Tol Permai Beroperasi Lebaran, Rekam Pelanggaran Ini

0
197
Kamera ETLE Tol Permai

Kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) akan dioperasikan di Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) pada saat lebaran 2023.

Kasat PJR Ditlantas Polda Riau AKBP Budi Setiawan menyampaikan, bahwa untuk pelaksanaan penegakan hukum, kemungkinan harus melalui tahap sosialisasi terlebih dahulu.

Ia juga mengatakan pihaknya masih menunggu kebijakan dari pimpinan terkait waktu pelaksanaan tahapan sosialisasi.

Kamera ETLE di Tol Permai

2 unit kamera ETLE di Tol Permai ini dipasang di titik kilometer 33 pintu Kandis Selatan.

Di kedua jalur dari arah Pekanbaru-Dumai dan Dumai-Pekanbaru akan ada 2 kamera CCTV dan kemungkinan di masa yang akan datang jumlah tersebut akan bertambah.

“Kamera ETLE ini bisa mengukur kecepatan yang melebihi batas, dan tidak menggunakan safety belt” ujar Budi Setiawan.

Budi Setiawan juga menyampaikan, untuk ke depannya jika sistem ETLE ini sudah beroperasi, pihaknya akan mengoneksikan sistem tersebut dengan sistem Weight in Motion (WIM) yang dimiliki Hutama Karya.

Sistem tersebut bisa mendeteksi kendaraan Over Dimension Over Load (ODOL).

Tol Pekanbaru-Bangkinang

Terkait Tol Pekanbaru-Bangkinang, Budi mengatakan bahwasanya hingga saat ini belum ada dilakukannya pemasangan kamera ETLE di titik tersebut.

“Tapi di Tol Pekanbaru-Bangkinang sistem WIM sudah ada, kemungkinan besar beroperasi menjelang mudik lebaran, sudah bisa beroperasi,” jelasnya.

Kamera ETLE

Sebelumnya, sistem ETLE ini pertama kali diluncurkan di bidang lalu lintas pada tahun 2021 lalu di Provinsi Riau. Tak hanya Riau saja, beberapa daerah lain juga melaksanakan kegiatan  ini.

Pertama kali, sistem ETLE ini dipasang di 4 titik Kota Pekanbaru, di antaranya Simpang Jalan HR Soebrantas – Jalan SM Amin, Simpang Jalan Harapan Raya – Jalan Sudirman, Bundaran Tugu Zapin dan Simpang Jalan Tuanku Tambusai – Jalan Soekarno Hatta.

Perlu diketahui, ETLE merupakan teknologi yang digunakan untuk mencatat atau mendata pelanggaran lalu lintas secara elektronik.

Setelah terekam kamera ETLE dan tercatat di sistem, pelanggar lalu lintas akan mendapatkan kirim surat tilang langsung ke alamat rumah, sesuai yang tertera di data kendaraan.

Tak hanya kamera ETLE, Ditlantas Polda Riau juga menggunakan kamera ETLE handheld yang mana kamera ini dapat dibawa oleh personel polantas saat melaksanakan patroli di lapangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.