Jalan Rusak Akibat Pipa, Perumdam Tirta Siak Tanggung Jawab

41
Jalan Rusak Akibat Pipa

Terkait jalan rusak akibat pemasangan pipa, Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Siak Agung Anugrah menyebutkan bahwa pihaknya akan bertanggung jawab.

“Tidak ada pembiaran terkait dengan pengaspalan kembali, jika ada jalanan yang rusak akibat pemasangan pipa-pipa baru tersebut,” ungkapnya Senin (21/11/2022).

Proyek Pembangunan Pipa Baru

Lebih lanjut Agung mengungkapkan, Tirta Siak saat ini memiliki setidaknya dua proyek penanaman pipa-pipa baru. Penanaman ini dilakukan untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pelanggan.

Proyek penanaman pipa-pipa baru ini kemudian berdampak kepada masyarakat. Salah satunya, jalanan yang tidak lagi mulus yang membuat aktivitas masyarakat terganggu. Dengan kondisi aspal dalam kondisi rusak, banyak pihak mengkritik Perumda Tirta Siak karena terkesan membiarkan.

Tidak Bisa Langsung Diperbaiki

Agung sendiri mengakui, jika ada kerusakan jalan yang diakibatkan oleh pemasangan pipa- pipa ini tidak bisa langsung diperbaiki. Karena ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memaksimalkan hasil perbaikan jalan rusak akibat penanaman pipa.

Langkah pengerjaan yang dimaksud di antaranya, Pekerjaan Persiapan. Dimana terdapat aktivitas pemotongan aspal, pemasangan rambu dan pengerjaan pipa, lalu mobilisasi material pipa ke site.

Setelah itu dilakukan pengerjaan galian pipa. Usai selesai pada tahapan pemasangan dilakukan urugan (penimbunan kembali), baru dilakukan hydrotest. Yaitu memberikan tekanan air pada pipa dan didiamkan dengan waktu yang ditentukan untuk menguji ketahanan pipa.

Diungkapkan Agung, saat ini pembangunan SPAM telah masuk ke area Jalan Kartama. Dikarenakan pengerjaan pipa di area tersebut ada posisi Hydrotest, pihaknya belum melakukan pengaspalan kembali.

“Kita baru akan mengerjakan rekondisi jalan pada pertengahan Desember mendatang,” terangnya.

Update Proyek SPAM

Untuk diketahui saat ini ada dua proyek SPAM, yakni SPAM Pekanbaru dan SPAM Regional Pekanbaru-Kampar. Area Spam Pekanbaru meliputi 6 Kecamatan di antaranya, Sail, Sukajadi, Senapelan, Payung Sekaki, Lima Puluh, dan Pekanbaru Kota. Untuk pembangunannya saat ini berlangsung di 2 kecamatan Sukajadi dan Payung Sekaki.

Sementara SPAM Regional Pekanbaru-Kampar meliputi 4 kecamatan di antaranya, Marpoyan Damai, Bukit Raya, Bina Widya, Tuah Madani. Untuk pembangunannya saat ini berada di ruas Jalan Rambutan – Kartama – Adi Sucipto.