Jalan Lingkar Luar Pekanbaru Akan Lewati Jembatan Siak V?

0
356
Jalan Lingkar Luar Pekanbaru

Jalan lingkar luar Pekanbaru akan segera dibangun setelah beberapa ruas jalan tol di Provinsi Riau selesai dibangun. Seperti ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang, atau Pekanbaru-Rengat.

Berikut Rute Lengkapnya

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan bahwa nantinya ada beberapa rute jalan tol lingkar luar tersebut, seperti:

  • Dimulai dari pintu Tol Pekanbaru-Dumai di Kecamatan Rumbai menuju ke Kelurahan Tebing Tinggi Okura, di Kecamatan Rumbai Timur.
  • Melalui Jembatan Siak 5 menuju ke Kecamatan Tenayan Raya, selanjutnya akan melintas di depan Komplek Perkantoran Tenayan Raya.
  • Kemudian terus berlanjut ke Kecamatan Kulim, sampai pada perbatasan Kabupaten Kampar, yang diperkirakan ada di sekitar Kecamatan Siak Hulu.

Diakui Indra Pomi, saat ini pihaknya tidak bisa melanjutkan jalan lingkar luar itu. Yang mana pihaknya tengah mengupayakan pembiayaan-pembiayaan lain melalui APBN maupun bantuan luar negeri.

Fakta-fakta Rencana Pembangunan

Ada beberapa fakta menarik terkait rencana pembangunan jalan lingkar luar tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki panjang 43 km
  • Tersambung dengan beberapa ruas tol lainnya. Seperti ruas jalan Tol Rengat-Pekanbaru, kemudian Tol Pekanbaru-Bangkinang, serta Tol Pekanbaru-Dumai.
  • Struktur tanah yang lunak akan diatasi dengan penggunaan teknologi Prefabricated Vertical Drain (PVD)
  • Menggunakan preloading pada struktur tanah timbunan
  • Menggunakan konstruksi Pile Slab, dari atas tanah lunak dengan kedalaman lebih dari 10 meter
Rencana Pembangunan Jembatan Siak V

Sedangkan mengenai Jembatan Siak V sendiri, Indra Pomi menjelaskan bahwa hal tersebut masih dalam tahap perencanaan.

Jembatan Siak V sudah diproyeksikan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, dimana detail gambar kerjanya telah ada sejak tahun 2012 silam. Adapun diperkirakan pembangunannya membutuhkan biaya sekitar Rp400 miliar.

Meski demikian, Sekdako Pekanbaru tersebut mengakui jika jumlah tersebut diperkirakan bertambah karena adanya kenaikan harga dari tahun ke tahun.

“Diperkirakan saat ini total biaya yang dibutuhkan mencapai Rp600 miliar,” ungkapnya.

Diungkapkan Indra Pomi, Pemko Pekanbaru berharap Gubernur Riau serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) juga turut membantu pembangunan Jembatan Siak V ini.

“Jika Jembatan Siak V ini pembangunannya terlaksana, maka panjangnya akan mencapai 1,35 km,” tutup Indra Pomi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.