Jajanan Ciki Ngebul Pekanbaru Kini Diawasi BPOM Pekanbaru

69
Jajanan Ciki Ngebul Pekanbaru

Jajan masa kini sangat digemari segala kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa, salah satunya di Pekanbaru ialah jajanan ciki ngebul.

Biasanya jajan ciki ngebul dapat dijumpai di area jajanan kaki lima seperti di area sekolah dan area pasar malam.

Ciki Ngebul Berbahaya Bagi Kesehatan

Namun, diketahui jajanan ini dapat membahayakan tubuh. Pasalnya, sudah ditemukan laporan kasus keracunan setelah menyantap jajanan ini.

Balai Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Pekanbaru memperingati para orang tua. Hal tersebut terkait bahaya mengonsumsi jajanan ciki ngebul yang mengandung bahan nitrogen cair tersebut.

Kepala BPOM di Pekanbaru Yosef Dwi Irwan menjelaskan bahwa terdapat dampak dari bersentuhan langsung dengan tubuh. Yakni dapat menyebabkan radang dingin, luka bakar (cold burn) pada jaringan kulit dan juga dapat mengakibatkan tenggorokan terasa seperti terbakar.

Yosef mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi Ciki Ngebul ini mengakibatkan kerusakan internal akibat suhu yang teramat dingin.

“Menghirup uap asap nitrogen dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kesulitan bernafas yang cukup parah,” ungkapnya, Rabu (18/1/2023).

Banyaknya Korban Jajanan Ciki Ngebul

Hingga saat ini sudah ada setidaknya 10 kasus yang dilaporkan akibat jajanan tersebut. Di antaranya terjadi di Desa Ngasinan, Kecamatan Jetis, Ponorogo, pada bulan Juli tahun lalu. Kemudian terdapat juga 7 kasus di Tasikmalaya pada 19 November 2022.

Terdapat juga kasus lainnya yang dialami anak laki-laki berusia 4,2 tahun yang dilarikan ke UGD rumah sakit Haji Jakarta pada 21 Desember 2022. Serta baru-baru ini juga dialami anak berusia 6 tahun di Jember, 12 Januari 2023.

Pencegahan di Pekanbaru

Lebih lanjut Yosef mengungkapkan bahwa di Pekanbaru sendiri, pihaknya bersama Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru telah melakukan kegiatan pengawasan terhadap pangan siap saji yang ditambahkan Nitrogen cair.

Yosef mengakatan bahwa, pengawasan ini sudah sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kemenkes Nomor KL.02.02/C/90/2023 tentang Pengawasan Terhadap Penggunaan Nitrogen Cair Pada Produk Pangan Siap Saji.

“Kemenkes meminta semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya  mengkonsumsi jajanan ice smoke atau ciki ngebul di Pekanbaru yang banyak dijual,” tukasnya.

Yosef juga memberi tahu bahwa cairan nitrogen memiliki bentuk yang jenih, tidak berwarna dan tidak berbau. Sehingga ketika digunakan pada makanan tidak akan mengubah cita rasa pada makanan tersebut.

“Sensasi inilah yang membuat ciki ngebul banyak menarik perhatian sekaligus, digemari masyarakat utamanya anak-anak,” ujarnya.

Maka dari itu, diharapkan Encik dan Puan dapat mengawasi jajanan yang disantap oleh anak, adik serta sanak saudara jangan sampai memakan makanan yang dapat membahayakan kesehatan mereka.