Imsakiyah Ramadan 1443H Pekanbaru, Ini Jadwalnya

458
Imsakiyah Ramadan 1443H Pekanbaru

Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1443H jatuh pada Minggu (3/4/2022). Inilah Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443H Pekanbaru dan sekitarnya:

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1443H Pekanbaru
Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443H Pekanbaru
Ada Perbedaan 1 Ramadan

Ketetapan itu disampaikan setelah sidang isbat yang digelar Kemenag, Jumat (1/4/2022). Sementara itu, Muhammadiyah memutuskan 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu (2/4/2022).

Penyebab Perbedaan

Adapun perbedaan penetapan 1 Ramadan antara pemerintah dengan Muhammadiyah disebabkan pendekatan yang digunakan berbeda dalam menentukan awal Ramadan.

Sebagaimana diketahui, salah satu metode penentuan 1 Ramadan adalah dengan menggunakan pendekatan ilwa hisab atau pendekatan hisab secara murni.

Metode ini sendiri digunakan oleh Muhammadiyah. Sedangkan metode yang digunakan oleh pemerintah adalah pemantauan hilal atau rukyatul hilal.

Metode Hisab

Pendekatan hisab merupakan metode yang menghitung posisi benda langit, khususnya matahari dan bulan. Adapun cara memperkirakan posisi bulan dan matahari terhadap bumi adalah melalui proses perhitungan astronomis.

Rukyat

Merupakan suatu metode yang melakukan observasi benda-benda langit untuk melakukan verifikasi hasil hisab. Yakni dengan melakukan pengamatan visibilitas hilal atau bulan sabit saat Matahari terbenam menjelang awal bulan di Kalender Hjriah.

Nah hasil dari hasil rukyatul hilal yang dilakukan tersebut kemudian akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan pada sidang isbat awal Ramadhan 1443 H.

Penetapan Awal Ramadhan 1443 H

Berdasarkan pantauan hilal di 101 titik di Indonesia, kemudian ditetapkanlah 1 Ramadan jatuh pada 3 April 2022. Hal tersebut setelah tidak ada satu pun yang melihat hilal selama pemantauan hilal di seluruh wilayah Indonesia.

Perbedaan Akan Selalu Ada

Perbedaan ketetapan awal Ramadhan itu pasti akan selalu ada. Hal tersebut diungkapkan oleh Peneliti Observatorium Bosscha Bandung, Muhammad Yusuf.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hal tersebut dikarenakan kedua metode tersebut memiliki pendekatan yang berbeda. Menurutnya kedua metode ini memang harus dilakukan secara bersamaan, sehingga bisa saling melengkapi data yang ada.

Tetap Junjung Persatuan

Meskipun tahun ini kembali ada perbedaan 1 Ramadan, hal tersebut tak harus sampai kepada perpecahan. Mari bersama-sama kita menjunjung persatuan dan menghargai perdeaan. Selamat menunaikan ibadah puasa, Encik dan Puan.