5 Keistimewaan Bulan Ramadan, Ncik dan Puan Sudah Tahu?

21
5 Keistimewaan Bulan Ramadan

Bulan Ramadan menjadi bulan yang dinanti-nanti umat muslim sedunia. Tahukah Ncik dan Puan, ada 5 keistimewaan bulan Ramadan? (Baca: Imsakiyah Ramadan 1442H Pekanbaru dan Sekitarnya)

Berikut ini 5 keistimewaan bulan Ramadan yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

Pahala Amal Perbuatan Akan Dilipatgandakan

Setiap amal perbuatan baik yang dikerjakan pasti akan diganjar pahala oleh Allah SWT. Terlebih, dalam bulan Ramadan ini, seluruh amalan ibadah yang Ncik dan Puan akan dilipatgandakan pahalanya.

Apalagi di bulan Ramadan juga banyak amal ibadah istimewa seperti salat tarawih, tadarus, zakat fitrah, dan sedekah kepada orang yang akan berbuka puasa.

Dibukanya Pintu Kebaikan

Dalam riwayat hadist Bukhari dan Muslim, apalagi bulan Ramadan datang, seluruh pintu-pintu langit dibuka, pintu-pintu neraka ditutup rapat, dan setan dibelenggu. Dengan begitu, keistimewaan bulan Ramadan sebagai momentum memperbanyak amal kebaikan dan ibadah seluas-luasnya.

Bulan Pengampunan Dosa

Setiap hamba Allah yang sungguh-sungguh bertaubat dan menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan ikhlas, Allah pasti akan membuka pintu ampunan seluas-luasnya atas dosa-dosa yang lalu. Seperti Sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya, “Barang siapa berpuasa Ramadan karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.“

Adanya Malam Lailatul Qadar

Keistimewaan bulan Ramadan berikutnya adalah adanya malam Lailatul Qadar yang nilainya lebih baik dari 1000 bulan. Malam yang juga disebut dengan malam seribu bulan ini merupakan malam yang mulia. Hiasi malam – malam khususnya 10 hari terakhir di bulan Ramadan dengan lebih banyak amal dan ibadah agar mendapat pahala malam Lailaitul Qadar ini.

Al Qur’an Diturunkan Oleh Allah

Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan mulia. Pada bulan ini kitab suci Al Qur’an diturunkan. Seperti arti dan makna dalam surah Al Baqarah ayat 185 yang artinya, “Bulan Ramadan merupakan bulan yang didalamnya diturunkan Al Qur’an sebagai petunjuk manusia, penjelasan dari petunjuk, dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).”