Gotong Royong Massal Pekanbaru, Untuk Kota Jadi Bersih

38
Gotong Royong Massal Pekanbaru

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bersama ratusan personel dari forkopimda mengadakan gotong royong massal secara serentak di sejumlah titik di Kota Pekanbaru, Kamis (8/9/2022) pagi.

Antisipasi Banjir

Kegiatan gotong royong massal ini dilaksanakan untuk menciptakan Kota Pekanbaru yang bersih. Sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang kerap melanda Kota Pekanbaru selama ini.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun mengatakan bahwa langkah ini merupakan upaya pemerintah dan forkopimda Kota Pekanbaru terkait percepatan penanganan banjir yang kerap terjadi. Adapun forkopimda yang diajak gotong royong bersama adalah Paskas, Danyon, Dandim, Kapolres, serta Lanud.

Ada 121 Titik Banjir

Lebih lanjut Muflihun mengungkapkan, setidaknya ada 121 titik langganan banjir yang perlu penangan. 121 titik banjir tersebut berasal dari sejumlah jalan protokol yang selama ini selalu menjadi titik rawan banjir.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_)

Seribu Personel

Sebanyak seribu personel gabungan diturunkan dalam aksi gotong royong ini. Mereka disebar pada empat titik lokasi Kota Pekanbaru. Di antaranya yakni di Jalan HR Soebrantas-Jalan Garuda Sakti, Jalan Riau-Parit Jalan Thamrin, Jalan Ahmad Dahlan-dahlia-Teratai dan Jalan Adi Sucipto.

Gotong Royong Sebulan Sekali

Muflihun berharap dengan gotong royong ini dapat membuat lingkungan menjadi bersih. Yang tentunya diharapkan dapat menjadi upaya mencegah terjadinya banjir. Bahkan ia bakal mengagendakan setiap sebulan sekali melaksanakan gotong royong di kantor masing-masing.

Ajak Masyarakat

Pihaknya juga mengajak seluruh unsur masyarakat untuk ikut serta dalam gotong royong dalam upaya menjaga kebersihan bersama.

“Tentu seluruh elemen masyarakat juga sepakat, kebersihan Kota Pekanbaru harus terus terjaga,” ungkapnya.

Dengan membudayakan gotong royong yang saat ini sudah mulai memudar, pihaknya berharap seluruh elemen masyarakat untuk membersihkan lingkungannya.

Serius Atasi Banjir

Muflihun mengaku bahwa Pemko Pekanbaru masih dianggap belum bekerja karena tumpukan sampah masih ditemukan. Ia menegaskan bahwa pemerintah kota bersama unsur forkopimda serius untuk tangani masalah banjir.

“Belum semua titik banjir teratasi, terlebih lagi jumlah titik banjir mencapai ratusan,” pungkas Muflihun.