Fasilitas Angkutan Bandara SSK II Pekanbaru

35
Angkutan Bandara SSK II Pekanbaru

Bandara biasanya memiliki fasilitas angkutan bandara untuk penumpang yang mendarat. Nah alangkah baiknya jika menggunakan promo angkutan bandara untuk memudahkan kita mencari angkutan bandara.

Seperti halnya bandara lainnya, Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II memiliki fasilitas angkutan bandara. Adapun fasilitas angkutan bandara SSK II Pekanbaru sendiri masih minim khususnya untuk penumpang yang datang tanpa ada jemputan kendaraan pribadi ketimbang di bandara lainnya.

Padahal Bandara yang dulu bernama Bandara Simpang Tiga ini, sejak tahun 2009 yang lalu telah ditingkatkan kapasitasnya dan dilakukan modernisasi.

Dengan ditingkatkannya kapasitas bandara, hal tersebut dimaksudkan agar dapat melayani penumpang pesawat udara yang terus meningkat setiap tahunnya dari dan ke Kota Pekanbaru.

Selain melayani penerbangan dalam negeri, Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru juga melayani penerbangan internasional.

Bandara ini juga memiliki beberapa prestasi yang membanggakan lho. Di tahun 2019 ini saja, Bandara SSK II Pekanbaru berhasil meraih 4 Penghargaan Internasional dari Airport Council International (ACI) dalam Airport Service Quality Award 2018.

Keempat penghargaan tersebut, antara lain Best Airport by Size and Region (2-5 million passengers in Asia-Pacific), Best Environment and Ambience by Size (2-5 million passengers), Best Customer Service by Size (2-5 million passengers), dan Best Infrastructure and Facility by Size (2-5 million passengers).

Nah tentunya prestasi tersebut sangat membanggakan bukan. Bila Encik dan Puan berkunjung ke Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, berikut informasi mengenai fasilitas angkutan bandara SSK II Pekanbaru:

Taksi Bandara (Taksi Koperasi TNI AU)

Taksi ini lebih dikenal dengan nama Taksi Puskopau (Pusat Koperasi Angkatan Udara) merupakan satu-satunya taksi resmi dan satu-satunya yang bebas beroperasi di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Karena satu-satunya yang diizin menaikkan dan menurunkan penumpang, maka ada kesan monopoli. Sehingga tak jarang tarif yang dikenankan lebih mahal ketimbang perusahaan Taksi lainnya yang beroperasi di Kota Pekanbaru.

Encik dan Puan dapat menggunakan armada Taksi perusahaan lainnya, dalam hal ini Taksi Blue Bird, bila akan ke Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Namun bila dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, kita hanya dapat menggunakan Taksi Puskopau. Tarif dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru ke sekitaran dalam Kota Pekanbaru sendiri berkisar Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000 tergantung dari jarak tempuh.

Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP)

Sarana Anggutan Umum Massal (SAUM) milik Pemerintah Kota Pekanbaru ini mulai beroperasi di Bandara Sultan Syarif Kasim II sejak 29 Mei 2016 yang lalu.

Tarif Bus TMP untuk penumpang umum adalah sebesar Rp 4.000, sedangkan untuk pelajar serta mahasiswa tarifnya sebesar Rp 3.000. Sedangkan jam operasional Bus TMP dimulai dari pukul 06.00-19.30 WIB setiap harinya.

Nah untuk trayeknya sendiri, Bus TMP berada pada Trayek 1A yang melayani dari RS Awal Bross – Jalan Jenderal Sudirman – Bandar Serai Purna MTQ – Masuk Bandara Sultan Syarif Kasim II.

Di Bandara SSK II Pekanbaru sendiri terdapat dua halte bus TMP yang terletak masing-masing di pintu keberangkatan dan kedatangan.

Transportasi Online (Grab)

Tahukah Encik dan Puan, jika sekarang Grab sudah beroperasi di Bandara Sultan Syarif Kasim II? Beroperasi di sini dalam artian bahwa Grab diizin menaikkan dan menurunkan penumpang di bandara.

Grab bisa beroperasi di Bandara SSK II Pekanbaru karena kerja sama strategis dengan PT Angkasa Pura II. Melalui kerja sama tersebut, Grab menjadi perusahaan ride-hailing pertama yang bekerja sama secara resmi dengan otoritas ketujuh bandara di Sumatera.

Selain di Bandara SSK II Pekanbaru, 6 bandara lainnya adalah Bandar Udara Internasional Kualanamu Medan, Bandara Silangit Tapanuli Utara, Bandara Sultan Badaruddin II Palembang, Bandara Radin Inten II Bandar Lampung, Bandara Minangkabau Padang, dan Bandara Silampari Lubuklinggau.

Peluncuran layanan GrabCar Airport di tujuh Bandara di Sumatera ini dilakukan Terminal Kedatangan, Bandara Kualanamu Medan, 11 Juni 2019 yang lalu. Dengan peluncuran ini, maka melengkapi kehadiran Grab secara resmi di 14 bandar udara di seluruh Indonesia.

Demikian info fasilitas angkutan bandara SSK II Pekanbaru, semoga dapat membantu dalam perjalanan Encik dan Puan di Pekanbaru.