Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

362
Cara Menyimpan Daging Kurban

Ncik dan Puan sudah membaca rekomendasi menu olahan daging kurban bukan? Yuk simak cara menyimpan daging kurban agar awet dan tetap segar.

Daging yang didapat bisa langsung dimasak dan dikonsumsi, dan sisanya bisa disimpan di lemari pendingin. Untuk itu, Ncik dan Puan harus mengoptimalkan ruang penyimpanan dalam freezer kulkas.

Tetapi, Ncik dan Puan juga harus tahu tentang pengemasan daging yang tepat untuk memastikan tidak ada pembusukan, menjaga daging awet dan tetap segar.

Berikut 5 cara menyimpan daging kurban agar awet dan tetap segar:

Jangan Dicuci

Cara yang pertama adalah dengan mencucinya sebelum disimpan. Usahakan daging disimpan dalam keadaan segar setelah dipotong. Mengapa demikian? Karena daging yang sudah terkena air sangat rentan terserang bakteri apabila tidak cepat-cepat diolah.

Bumbui Terlebih Dahulu

Cara yang kedua adalah dengan merendamnya dengan bumbu terlebih dahulu. Merendam daging bisa membuatnya lebih empuk dan beraroma. Bumbu-bumbu tersebut diharapkan dapat menyerap dan membuat rasa daging menjadi lebih baik dan enak. Meskipun banyak variasi resep bumbu dapat ditemukan, resep dasarnya biasa terdiri dari garam, minyak, perasa, dan asam.

Taruh di Wadah Tertutup Rapat

Cara yang ketiga adalah dengan menaruhnya di tempat atau wadah yang tertutup rapat. Usahakan jangan menggunakan bungkusan plastik bawaan dari panitia kurban. Pisahkan daging kurban sesuai takaran konsumsi harian, tempatkan di wadah yang berbeda-beda dan tutup dengan rapat.

Jangan Langsung Disimpan di Kulkas

Cara yang keempat adalah dengan tidak langsung memasukkannya ke dalam kulkas setelah menerimanya. Segera setelah daging disembelih, disarankan untuk jangan langsung menyimpan daging di lemari es. Biarkan dalam suhu kamar normal selama 3-4 jam sebelum menyimpannya.

Mencairkan Daging Beku

Cara yang kelima adalah dengan mengetahui cara mencairkan daging beku dengan baik dan benar. Hal ini bertujuan untuk menghindari daging sisa yang dibekukan kembali, menjadi basi. Maka dari itu mencairkan daging beku harus dilakukan dengan baik dan benar.

Masih banyak lagi tips dan cara menyimpan daging agar tetap segar seperti, mencuci tangan sebelum memegang daging, potong daging menjadi ukuran kecil, dan segera masak daging tersebut.