Cara Mengontrol Stres Pranikah

1
238

Stres pranikah memang membuat mereka yang hendak menikah menjadi gelisah. Masa-masa sebelum pernikahan ini menjadi masa yang menguras pikiran.

Karenanya mengontrol stres dan gelisah secara efektif bisa jadi sangat penting untuk membuat masa ini menjadi positif bagi kamu dan pasanganmu.

Kamu menginginkan proses perencanaan pernikahanmu membawamu semakin dekat dan membangun keintiman kalian. Stres pranikah yang berlebihan dapat mengganggu tujuan penting tersebut.

Perbedaan yang mencolok antara orang yang dikalahkan oleh stresnya dengan yang tidak bukanlah ada atau tidak adanya stres, namun lebih kepada kemampuan untuk menyadari adanya stres dan mengontrolnya.

Adapun hal yang perlu dilakukan untuk mengontrol stres pranikah antara lain:

  • Menyadari dan Memahami Tanda-Tanda Stres

Reaksi-reaksi atas stres yang berlebihan meliputi sejumlah gelaja-gejala: sakit perut, sakit kepala, tidur tidak nyenyak, kurang konsentrasi, mood yang berubah-ubah, serta mudah tersinggung.

Sangatlah penting untuk menyadari bahwa semua hal tersebut merupakan tanda-tanda stres yang berlebihan, mungkin akan membawa pada kondisi yang lebih serius.

  • Mengidentifikasi Sumber-Sumber Stres

Selama periode pranikah, akan ada banyak keputusan-keputusan, ekspektasi-ekspektasi serta peran baru yang semakin membuat stres.

Banyak yang tidak sadar betapa besarnya dampak stres terhadap kebahagiaan dan hubungan. Kesempurnaan dalam rancangan pernikahan merupakan hal yang lazim dan bisa jadi sumber terbesar dari stress.

Sumber-sumber stres yang lainnya tidak akan hilang begitu saja hanya karena kamu akan menikah. Banyak hal-hal lain yang juga bisa menambah tingkat stres pranikah.

Ingatlah bahwa semua perubahan itu membuat stres, termasuk perubahan yang baik. Faktor-faktor lain yang lazim dalam berkontribusi menimbulkan stres termasuk pekerjaan, perjalanan, sakit, kehilangan anggota keluarga, teman atau hewan peliharaan.

Beberapa dari sumber stres tersebut dapat dikontrol seperti seberapa jauh keterlibatan kamu dalam persiapan pernikahan. Kamu bisa memilih untuk mengerjakan semuanya sendiri atau mempercayakannya pada orang lain.

Namun, sumber yang lainnya bisa jadi diluar kontrol kamu. Sebagai contoh, tidak ada yang bisa mencegah kehilangan orang yang dicintai ataupun datangnya penyakit.

Untuk mengatasi stres yang berlebihan, pertama kamu harus menyadari bahwa sumber-sumber stress tersebut berada dalam kontrol kamu.

  • Belajar Untuk Mengatur Sumber Stress Yang Dapat Dikontrol

Jika kamu mengalami tanda-tanda stress yang berlebihan, cobalah untuk melakukan hal-hal yang dapat mengurangi stress tersebut menjadi berlebihan.

  • Berbicaralah dengan pasanganmu

Pastikan bahwa rencana pernikahanmu benar-benar mencermikan keinginan kalian berdua. Namun, banyak pasangan yang merencanakan pernikahan tanpa memikirkan apa yang diinginkan oleh masing-masing pasangan.

Tentu saja pernikahan yang mewah sangat mengagumkan, selama sesuai dengan kemampuan dan biaya yang dikeluarkan. Jika pernikahan mewah ada dalam rencanamu dan dananya mengizinkan, pertimbangkan untuk menyewa wedding organizer untuk menangani detail-detailnya.

  • Pikirkan kembali tentang seberapa jauh kamu dapat terlibat

Memang sulit untuk mengakui bahwa kita tidak mampu melakukan dan menyelesaikan segala yang kita inginkan dengan waktu yang ada dipikiran kita atau waktu yang tersedia.

  • Wakilkan beberapa tugas atau pekerjaan kepada orang lain

Jangan malu untuk meminta bantuan pada pasangan, teman atau keluargamu. Biarkan wedding organizer yang telah kamu pilih melakukan pekerjaannya, karena mereka memang sudah berpengalaman. Pilihlah tugas mana yang benar-benar membutuhkan pengawasanmu secara pribadi.

  • Kurangi beban kerja

Kamu boleh saja mengurangi beban kerjamu atau beristirahat sesaat selama periode pra-pernikahan. Mungkin saja kamu membutuhkan waktu istirahat yang lebih dari yang telah direncanakan.

Bahkan setelah kamu melakukan semuanya untuk mengontrol sumber stress, mungkin akan ada ada tersisa beberapa penyebab stress yang tidak bisa dikontrol.

Jangan khawatir, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuanmu dalam mengatasi dan memulihkan diri dari stres antara lain:

  • Tidur nyenyak.
  • Berolahraga setiap hari
  • Makanlah secara teratur dan seimbang
  • Hindari gula, kafein, alcohol, obat-obatan yang berlebihan yang dapat menyebabkan sistem tubuhmu rusak.
  • Belajar untuk bermeditasi agar kamu bisa lebih relaks.
  • Aturlah waktu untuk mendapatkan hiburan atau kegiatan yang menyenangkan lainnya.
  • Aturlah waktu untuk tetap terhubung dengan pasanganmu dan habiskan waktu yang bermakna bersama.
  • Jangan paksakan dirimu untuk membuat terlalu banyak perubahan dalam satu waktu.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.