Cara Membuat Lapek Bugi Khas Riau

18
Lapek Bugi Kampar

Lapek Bugi merupakan salah satu makanan tradisional khas Riau, tepatnya dari Kabupaten Kampar. Makanan tradisional ini juga sering dijadikan oleh-oleh juga lho.

Bagi pecinta makanan tradisional tersebut, mari kita belajar sedikit terkait cara dan bahan yang digunakan untuk membuat lapek bugih khas Kampar.

Sebenarnya, bahan dan alat untuk membuat kue ini cukup mudah Encik dan Puan. Namun semuanya tergantung niat kita masing-masing, tidak ada yang sulit ketika mau mencoba.

Untuk bahan yang mesti Encik dan Puan siapkan yaitu:

  1. Tepung ketan hitam/putih (tergantung sukanya apa).
  2. Gula pasir.
  3. Kelapa parut.
  4. Garam secukupnya.
  5. Daun pandan.
  6. Air.
  7. Minyak goreng.

Sedangkan untuk peralatan yang diperlukan yaitu:

  1. Daun pisang.
  2. Kukusan atau dandang.
  3. Kuali.
  4. Sendok
  5. Mangkok agak besar untuk wadah mengaduk tepung.

Cara membuat intinya atau isian kelapa:

Untuk membuat inti Kelapa, Encik dan Puan siapkan kelapa yang sudah diparut namun hanya menggunakan sisi yang putihnya saja.

Untuk proses awal, Encik dan Puan panaskan air agak satu gelas kecil di dalam kuali. Kemudian setelah air mendidih, masukkan gula putih ditambah sedikit garam supaya rasanya gurih.

Untuk takaran gulanya, tergantung selera dari Encik dan Puan. Karena sebagian orang suka manis sebagian lagi tidak. Namun supaya intinya terasa enak, usahakan manisnya terasa ya Encik dan Puan.

Setelah gula dan garam larut, masukkan parutan kelapanya. Lalu aduk sampai merata hingga air yang ada dalam kuali mengering, kemudian sisihkan.

Cara membuat adonannya:

Tepung ketan yang ada ditambah sedikit gula, ditambahkan garam ¼ sendok makan. Kemudian aduk rata, dalam adonan harus terasa gula dan garamnya ya Encik dan Puan. Hal ini supaya adonannya tidak terasa hambar.

Tuangkan air putih sedikit demi sedikit kedalam adonan hingga adonan tercampur rata dan bisa menggunakan sendok makan (catatan: tidak terlalu encer dan tidak terlalu keras agar tekstur lapeknya lembut dan kenyal).

Setelah adonan jadi, tambahkan satu sendok minyak makan ke dalam adonan supaya lapeknya tidak lengket di daun pisang.

Nah setelah semua bahan telah siap, panaskan daun pisang sehingga bisa dilipat membentuk seperti bungkus lapek bugih. Setelah itu, lumuri daun pisang dengan menggunakan minyak goreng sebelum diisi adonan lapek dan intinya.

Untuk proses akhir, usai Encik dan Puan membungkus Lapek Bugi. Kukus lapek tersebut selama lebih kurang 20 menit supaya rasanya lebih enak dan matang dengan sempurna. Lalu sajikan diatas piring.

Bagaimana Encik dan Puan, gampang bukan? Silahkan dipraktikkan di rumah masing-masing ya Encik dan Puan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Encik dan Puan sekalian berkaitan dengan teknik dan cara pembuatan oleh-oleh tradisional dari Riau ini.