Bau Mulut Saat Berpuasa, Yuk Hindari Makan Ini!

0
737
Bau Mulut Saat Berpuasa

Saat berpuasa, banyak orang mengeluh akan aroma tidak sedap dari mulut. Nah, ternyata ada beberapa tips agar tidak bau mulut saat berpuasa.

Tips agar tidak bau mulut saat berpuasa ini tentunya bisa meminimalisir rasa tidak percaya diri Encik dan Puan ketika berbicara dengan lawan bicara. Caranya juga cukup mudah, namun tergantung dari diri Encik dan Puan masing-masing mau apa tidak melaksanakannya tips berikut ini.

Tips Cegah Bau Mulut

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga agar tidak bau mulut saat puasa:

1. Rajin Berkumur
Adapun tips agar tidak bau mulut saat berpuasa yang pertama adalah rajin berkumur dengan air setelah makan sahur dan berbuka. Dengan rajin berkumur tentunya akan dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di mulut dan mengurangi bakteri penyebab bau mulut.
2. Hindari Makanan Berbau Tertentu
Menghindari makanan dengan aroma tertentu selama puasa juga dapat membantu mengurangi aroma tidak sedap pada mulut.

Adapun beberapa makanan yang memiliki bau yang kuat yang bisa dihindari seperti bawang putih, bawang merah, dan makanan berlemak saat sahur. Sebab makanan-makanan ini dapat meningkatkan risiko bau mulut.

3. Perbanyak Minum Air
Tips yang ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak meminum air putih. Minum air putih secara cukup selama waktu berbuka dan sahur dapat membantu membersihkan mulut dan menghindari kekeringan yang bisa menjadi faktor penyebab bau mulut.
4. Sikat Gigi dan Lidah
Selain menyikat gigi setelah sahur dan berbuka, jangan lupakan lidah. Lidah yang bersih dapat membantu mengurangi jumlah bakteri di mulut yang menyebabkan bau tidak sedap.
5. Konsumsi Makanan Berserat
Untuk menghindari aroma tidak sedap pada mulut, Encik dan Puan bisa makan makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Karena serat dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan di mulut dan merangsang produksi air liur yang dapat membantu mengurangi bau mulut.
6. Hindari Merokok
Agar terhindar dari bau mulut berusahalah untuk menghindari merokok selama puasa. Sebab merokok dapat meningkatkan risiko bau mulut dan tentunya akan membuat kurang nyaman ketika berbicara.
7. Berkumur dengan Larutan Antiseptik
Solusi agar tidak bau mulut saat puasa selanjutnya, Encik dan Puan bisa berkumur dengan menggunakan larutan antiseptik. Encik dan Puan bisa membeli atau mencari produk larutan antiseptik yang direkomendasikan oleh dokter atau apoteker.
8. Mengunyah Permen Karet Tanpa Gula
Terakhir, setelah berbuka atau sebelum datang waktu imsak, Encik dan Puan bisa mengonsumsi atau mengunyah permen karet tanpa gula. Dengan mengunyah permen karet tanpa gula dapat membantu merangsang produksi air liur yang membantu membersihkan mulut dan mengurangi bau tidak sedap.

Itulah tadi beberapa tips agar tidak bau mulut saat berpuasa, semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.