Angka Corona Riau Hari ini: Tambah 473, Total 60.054

195

Angka Corona Riau Hari Ini (Senin, 31/5/2021) bertambah sebanyak 473 kasus, 503 pasien yang telah sembuh, dan 25 pasien yang meninggal. Sehingga jumlah kasus terkonfirmasi Covid dari 59.581 kasus menjadi 60.054 kasus.

Dari angka Corona Riau Hari Ini, sebanyak 52.236 pasien positif Covid-19 Riau yang telah sembuh dan pulang. 938 pasien positif Covid-19 yang masih dirawat di rumah sakit, 5.294 orang isolasi mandiri, serta 1.586 pasien yang telah meninggal.

corona riau

Jumlah Suspek

Untuk jumlah suspek di Riau sebanyak 92.701 orang. Suspek yang isolasi di rumah sakit berjumlah 115 pasien, suspek yang telah selesai isolasi berjumlah 87.873 orang, dan suspek yang isolasi mandiri sebanyak 4.427 orang. Sedangkan suspek yang meninggal dunia berjumlah 286 orang.

Jumlah Spesimen

Sementara spesimen di Riau yang diperiksa sebanyak 1.831 spesimen, serta jumlah orang yang telah diperiksa 1.610 orang. Sehingga saat ini total spesimen swab yang telah diperiksa di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad mencapai 328.253 sampel.

Jumlah Kasus COVID-19 Riau Meningkat, Banyak dari Klaster Keluarga

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, kenaikan kasus positif COVID-19 di Riau, didominasi dari klaster keluarga yang semakin bertambah pasca 11 hari lebaran.

Untuk klaster keluarga, biasanya hanya 3 sampai 5 orang terkonfirmasi. Namun, kondisi saat ini bisa mencapai 5 sampai 10 orang terpapar COVID-19 dalam satu keluarga.

Mimi menjelaskan, sesuai dengan prediksi sebelumnya, kasus akan naik pasca lebaran. Karena sebelum lebaran kasus positif di Riau juga tinggi, dan hanya turun beberapa hari saat lebaran.

Kemudian, usai lebaran mulai naik lagi, setelah banyaknya orang yang datang ke Riau, banyaknya masyarakat yang abai terhadap prokes, dan masih meningkatnya mobilisasi, pada saat puasa, baik buka puasa bersama, kumpul-kumpul termasuk ada yang lolos mudik.

Tiap 3 Jam 1 Pasien Covid-19 Meninggal di Riau

Sementara itu, Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Riau dr Indra Yovi mengungkapkan rata-rata ada 10 pasien positif di Riau yang meninggal. Bahkan puncaknya, pernah 29 pasien meninggal dalam satu hari.

Dengan data tersebut, lanjut Indra, jika per harinya rata-rata ada 10 kematian berarti setiap 3 jam ada pasien meninggal dunia di Provinsi Riau akibat Covid-19.

Umumnya Pasien COVID-19 Meninggal Dunia di atas 50 Tahun

dr Indra Yovi juga mengingatkan, masyarakat, walau pasien meninggal didominasi oleh lanjut usia (lansia) yang berusia di atas 50 tahun dan memiliki penyakit bawaan, bukan berarti yang muda lebih aman.

Alami Gejala Ini, Pasien Isolasi Mandiri COVID-19 Harus Segera Dirawat di Rumah Sakit

Lebih lanjut dr Yovi mengungkapkan, jika mengalami beberapa gejala di bawah ini untuk segera dirawat di rumah sakit.

Adapun beberapa gejalanya ialah, demam berkepanjangan meski sudah diberi obat. Kemudian batuk yang terus-menerus meski sudah minum obat.

Gejala selanjutnya yang membuat pasien COVID-19 tidak bisa isolasi mandiri di rumah yakni sesak nafas. Yang ditandai dengan dada terasa berat saat menarik dan melepas nafas.

“Kalau sudah ada beberapa gejala di atas, berarti harus segera melakukan perawatan di rumah sakit. Tidak bisa isolasi mandiri lagi,” ujarnya.