9 Tips Bepergian Masa New Normal

147
Bepergian Masa New Normal

Berikut ini 9 tips bepergian masa new normal bagi Encik dan Puan yang sudah memiliki rencana untuk bepergian, baik itu urusan pekerjaan atau urusan lainnya.

Memang pada saat adaptasi kebiasaan baru ini semua masih serba terbatas, namun protokol kesehatan yang ketat itu diberlakukan demi keselamatan dan kesehatan kita semua ya Encik dan Puan.

Sampai saat ini pandemi Covid-19 belum menunjukan kapan berakhir. Untuk itu, jika tidak penting sekali untuk bepergian, alangkah baiknya untuk tetap di rumah saja demi minimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Jikapun memang harus bepergian, berikut 9 tips bepergian masa new normal ini yang bisa Encik dan Puan terapkan.

Pastikan tubuh dalam keadaan sehat

Memastikan kondisi tubuh yang fit dan sehat merupakan hal yang utama bagi Encik dan Puan yang ingin bepergian saat kondisi seperti ini, karena kalau memaksakan kondisi yang tidak sehat tentunya akan berakibat pada kesehatan orang-orang yang ada di sekitar.

Menggunakan masker

Masker saat ini juga menjadi hal yang penting untuk dibawa jika hendak bepergian. Pastikan Encik dan Puan membawa masker lebih dari satu di dalam tas sebagai masker cadangan jika sewaktu-waktu diperlukan sebagai ganti masker sebelumnya.

Membawa hand sanitizer

Selain rajin mencuci tangan, Encik dan Puan juga disarankan untuk membawa hand sanitizer sendiri, ini diperlukan untuk penggunaan setelah menyentuh atau memegang sesuatu barang yang menyebabkan Encik dan Puan bisa tertular virus berbahaya.

Membawa perlengkapan pribadi

Membawa perlengkapan pribadi ini maksudnya adalah membawa makanan sendiri, peralatan makan sendiri serta perlengkapan sholat sendiri, tujuannya tidak lain adalah mencegah Encik dan Puan untuk tidak terpapar Covid-19. Menggunakan barang pribadi tentu jauh lebih baik saat ini Encik dan Puan!

Hindari mengunjungi wisata yang ramai dikunjungi

Jangan sampai Encik dan Puan saat ini berpikiran untuk liburan ke tempat yang ramai dahulu, karena kita tidak tahu pengunjungnya berasal dari mana saja, bisa jadi banyak OTG yang tidak terdeteksi.

Untuk itu, ketika bepergian di era new normal ini, usahakan untuk pergi ke daerah yang asri seperti ke alam terbuka yang sepi dikunjungi orang sekaligus bisa merilekskan otak setelah lama bekerja atau belajar dari rumah.

Hindari menggunakan transportasi umum

Kalau memungkinkan untuk menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya Encik dan Puan saat ini memakai kendaraan pribadi dahulu untuk bepergian. Jika tidak memungkinkan, boleh saja Encik dan Puan memggunakan transportasi umum, namun harus menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Menggunakan transaksi non tunai

Transaksi non tunai menjadi sistem transaksi yang sangat aman saat ini, makanya kalau bisa gunakan selalu transaksi sistem non tunai ini ya Encik dan Puan demi menghindari penularan virus melalui uang.

Jaga jarak dengan orang sekitar

Dalam perjalanan tentu saja Encik dan Puan akan menemukan banyak orang dari segala kalangan, baik itu teman dekat, orang tidak dikenal, keluarga dan lain sebagainya.

Teruslah waspada dengan selalu menjaga jarak dan selalu berusaha untuk menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak minimal satu meter karena kita tidak tahu apakah orang yang kita temui tidak terkonfirmasi Covid-19. Supaya aman, harus menerapkan protokol kesehatan.

Setelah sampai ditempat tujuan, segera mandi dan membersihkan tubuh

Poin terakhir ini juga tidak kalah penting dibandingkan poin lainnya dalam 9 tips bepergian di era new normal ya Encik dan Puan. Maka dari itu, usai kemanapun Encik dan Puan bepergian usahakan mandi sesampainya di rumah sebelum menyentuh barang-barang lainnya.

Mandi dan membersihkan badan dengan sebaik mungkin agar virus yang sempat menempel di pakaian tidak menyebar ke daerah lainnya di dalam rumah. Kemudian, langsung cuci pakaian yang digunaka dengan baik dan benar ya Encik dan Puan untuk memastikan tidak ada lagi virus yang masih hidup.

Itulah 9 tips bepergian masa new normal yang mungkin bisa Encik dan Puan laksanakan ketika bepergian untuk kepentingan mendesak dalam kondisi saat ini, namun jika terlalu penting, sebaiknya Encik dan Puan tetap beraktivitas di rumah dan tentunya menghasilkan kreativitas yang bermanfaat bagi orang banyak.

Salam sehat dan selamat menikmati masa sulit ini ya Encik dan Puan, mari kita sama-sama berdoa semoga pandemi ini segera berakhir.