XpressAir Kurangi Frekuensi Terbang Pekanbaru-Tanjungpinang - InfoPKU
Breaking News
Home » Berita » Berita Pekanbaru » XpressAir Kurangi Frekuensi Terbang Pekanbaru-Tanjungpinang

XpressAir Kurangi Frekuensi Terbang Pekanbaru-Tanjungpinang


Karena persaingan antaroperator dan moda transportasi dalam mendapatkan penunpang, XpressAir mengurangi frekuensi rute penerbangan Pekanbaru-Tanjungpinang.

Jika sebelumnya rute penerbangan tersebut pulang pergi empat kali dalam sepekan, kini XpressAir menguranginya menjadi dua kali dalam sepekan.

Diungkapkan oleh Kepala Stasiun Xpress Air Cabang Pekanbaru, Rizon Jayadi, Rabu (3/8), bahwa saat ini rute penerbangan Pekanbaru-Tanjungpinang hanya terbang setiap hari Senin dan Sabtu.

Selain harus bersaing dengan maskapai penerbangan lain, tingkat keterisian penumpang setiap penerbangan terutama saat musim sepi di satu provinsi seperti Kepulauan Riau harus selalu menjadi perhitungan cermat pihaknya.

Rizon menjelaskan penyebab utama sepinya para penumpang dikarenakan pihaknya kalah bersaing dengan rute penerbangan Pekanbaru-Batam yang dilayani oleh dua maskapai yang terbang pulang pergi lima kali sehari.

Tak hanya itu, para penumpang lebih memilih menggunakan kapal feri jika ingin berangkat dari Batam menuju Tanjungpinang.

Saat ini Xpress Air masih menggunakan pesawat kecil jenis Dornier tipe 328-800 berkapasitas 32 kursi. Hal ini sama dengan dua rute lain, yakni rute Palembang-Pekanbaru dan Pekanbaru-Malaka.

XpressAir kemudian akan menambah rute penerbangan baru seperti rute Pekanbaru-Matak di Kabupaten Kepulauan Anambas pulang pergi transit di Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang.

Dijelaskannya bahwa rencananya, rute penerbangan Pekanbaru-Matak ini akan terbang pada hari Senin dan Sabtu setiap pekannya.

About Said Zaki

Avatar
hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila