Tips Menggunakan Instagram Story
Home » Teknologi » Tips Menggunakan Instagram Story

Tips Menggunakan Instagram Story


User Instagram tentu kenal dengan Instagram Story. Fitur baru dari jejaring sosial yang diakuisisi oleh Facebook ini memungkinkan penggunanya untuk menampilkan video klip singkat yang akan menghilang dalam waktu 24 jam.

Adapun fitur Instagram Story ini dimunculkan pihak Instagram untuk mengantisipasi kedatangan kompetitor baru, seperti Snapchat yang juga mengincar posisi nomor satu jejaring sosial berbasis foto/gambar dan video.

Berikut ini ada beberapa tips mudah dalam menggunakan Instagram Story:

Create Story

create story

Sentuh ikon plus yang terdapat pada sudut kiri bagian atas aplikasi Instagram, setelah itu kita dapat memilih apakah akan merekam video atau mengambil foto. Jika kita ingin mengambil gambar, cukup sentuh sekali tombol bulat yang ada di jendela bidik kamera. Jika kita ingin merekam video, maka cukup sentuh dan tahan tombol bulat tersebut hingga selesai merekam video.

Edit Story

edit story

Setelah berhasil mengambil gambar atau video, kita dapat mengeditnya dengan menambahkan teks atau lukisan. Jika ingin menambahkan teks, cukup dengan memilih ikon abjad yang berada di sudut kanan bagian atas. Sementara untuk menambahkan lukisan, pilih ikon pena. Ada tiga kuas yang disediakan, lengkap dengan beraneka ragam warna yang dapat dipilih sesuai dengan selera kita.

Change Camera

change camera

Untuk berpindah kamera dari kamera depan ke kamera belakang, caranya sangat mudah. Cukup sentuh tombol change camera yang berada di sebelah kanan tombol bulat. Selain itu juga bisa dengan double tap pada layar.

Save Story

save story

Setelah kita menambahkan Story, kemudian dilanjutkan dengan menyentuh “add it to the story”. Jika sudah maka Story yang kita bagikan tersebut akan menghilang dalam waktu 24 jam. Selain itu kita dapat menyimpan hasilnya, caranya cukup buka Story yang telah kita buat lalu buka opsi kemudian lanjutkan dengan memilih Save Photo.

Message Replies

message replies

Berbeda dengan mengupload foto atau gambar biasa, pada Instagram Story tidak memungkinkan pengguna lain meninggalkan komentar pada Story yang telah kita buat. Oleh karena itu Instagram menggantinya dengan mengirimkan balasan pesan (message replies). Pengguna lain yang mengirimkan balasan pesan hanya dapat dilihat oleh si pembuat story saja. Nah jika kita ingin mematikan balasan pesan tersebut, cukup masuk ke akun kita lalu lanjutkan ke pengaturan Story dan beri tanda centang off di bawah “Allow Message Replies”

Hide Story

hide story

Jika Story yang telah kita buat dirasa tidak ingin dilihat oleh beberapa followers tertentu, maka kita dapat memilih siapa saja followers yang dirasa tak perlu melihatnya dari pengaturan Story di bawah menu “Hide Story From”.

Who Viewed

who viewed

Jika pada saat kita mengupload video di Instagram kita tidak dapat mengetahui siapa yang telah melihat video tersebut, hal tersebut berbeda dengan Story. Pada Story, kita dapat mengetahui siapa saja yang melihat Story yang telah kita buat. Caranya adalah dengan gulirkan Story yang telah kita buat ke atas, kemudian akan tampil nama-nama akun Instagram yang telah melihat Story yang kita buat.

About Jack Store