Repvblik dan Kuliner dalam Pesta Rakyat Riau 2019

11

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar Pesta Rakyat Riau 2019 dalam rangka Hari Jadi Provinsi Riau ke-62 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-74 ini digelar Sabtu (17/8) malam di Jalan Gajah Mada.

Sebagaimana diketahui, pesta rakyat ini merupakan perayaan Hari Jadi Provinsi Riau setelah tahun 2016 lalu yang menghadirkan Iyeth Bustami dan Lesti KDI di lapangan Bandar Seni Raja Ali Haji (Serai) Purna MTQ.

Encik dan Puan, ada yang turut hadir dalam Pesta Rakyat Riau 2019 kali ini? Bagaimana pendapatnya? Menarikkah atau biasa saja? Masing-masing orang punya persepsi yang berbeda pula ya.

Namun, ada hal-hal yang membuat malam Pesta Rakyat Riau 2019 yang merupakan puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Riau ke-62 sekaligus HUT RI ke-74 ini berbeda dari biasanya.

Mungkin tidak banyak yang tahu atau tidak membaca detail acara sehingga banyak yang datang terlambat. Di acara Pesta Rakyat Riau 2019 ini banyak tersedia berbagai jenis makanan, makanan ini bisa dinikmati oleh masyarakat Kota Pekanbaru yang hadir.

Ada Sate Padang, Sate Toge Kuansing, Sate Madura, Mie Ayam, Bakso, Pempek, Roti Canai, aneka gorengan, Pisang Rebus, Jagung Rebus, Mie Sagu, Lapek Bugih, dan menu-menu lainnya.

Semua menu ini disediakan oleh sebanyak 43 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan institusi yang ada di lingkungan Pemprov Riau, dimana masing-masing OPD dan institusi tersebut menyediakan 150 porsi makanan untuk masyarakat yang hadir. Menarik bukan Encik dan Puan? Jangan sampai menyesal kalau kemarin tidak sempat datang ya, semoga tahun depan kembali digelar…

Tidak hanya itu Encik dan Puan, setiap OPD dan institusi tersebut jarang yang menyediakan hanya satu menu makanan. Ada yang menyediakan tiga menu bahkan ada yang empat macam, Encik dan Puan tinggal pilih menu mana yang disukai dengan catatan harus mengantri dengan pengunjung lainnya.

Namun, ada yang disayangkan dalam acara ini Encik dan Puan. Karena usai makan-makan, muncul sampah yang bertumpuk di sepanjang Jalan Gajah Mada. Meskipun ada petugas kebersihan, setidaknya ada inisiatif untuk meringankan bebannya dengan sekedar membuang sampah bekas makan sendiri ke tong sampah.

Kurangnya, tidak ada satupun tong sampah yang tersedia di lokasi. Padahal, dengan menyediakan kantong plastik sampah atau tong sampah, bisa menjadi momen pesta rakyat yang mengajak masyarakat peduli dengan lingkungan dan belajar menerapkan pola hidup sehat.

Semoga hal-hal seperti itu kedepannya diperhatikan panitia penyelenggara, jangan sampai hal yang dianggap sepele menjadi masalah besar di kemudian hari.

Puas menikmati kulineran secara gratis, masyarakat juga dihibur dengan mendatangkan artis Ibukota yaitu Band Repvblik. Pelantun lagu sandiwara cinta ini sukses membuat para penonton terpesona dengan performance-nya.

Banyak fans Band Repvblik memakai atribut kebanggaan komunitasnya seperti syal, baju, topi dan lainnya. Semua Repvblikan sapaan akrab fansnya mengambil posisi di sebelah kanan panggung.

Tidak mau ketinggalan untuk meramaikan acara ini, Gubernur Riau Syamsuar beserta istri, Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution beserta istri, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya turut hadir dalam acara malam puncak perayaan tersebut.

Dan untuk pesta rakyat seperti tahun ini, semoga bisa dipertahankan dan menjadi agenda tahunan Gubernur. Jadi, masyarakat bisa menikmati dan merasakan bagaimana pesta rakyat dengan menikmati makanan gratis dengan berbagai jenis.