Mengenal Ornamen Melayu Riau bersama Riau Heritage
Home » Komunitas » Mengenal Ornamen Melayu Riau bersama Riau Heritage
Setelah sukses mengadakan Bulan Pusaka pada bulan Agustus yang lalu, Komunitas Riau Heritage kembali mengadakan kegiatan kebudayaan, yakni seminar Ornamen di Tanah Melayu Riau serta kunjungan ke Museum Sang Nila Utama, Pekanbaru.

Mengenal Ornamen Melayu Riau bersama Riau Heritage


​​DSC_1667

Setelah sukses mengadakan Bulan Pusaka pada bulan Agustus yang lalu, Komunitas Riau Heritage kembali mengadakan kegiatan kebudayaan, yakni seminar Ornamen di Tanah Melayu Riau serta kunjungan ke Museum Sang Nila Utama, Pekanbaru.

Seminar ini dilaksanakan pada hari Sabtu (18/10), yang menghadirkan narasumber Jon Kobet, salah seorang budayawan Riau dan Dedi Ariandi yang merupakan penggiat komunitas Riau Heritage. Acara ini dimulai dari pukul 09.00 sampai pukul 14.00, yang mana acara ini terbagi dalam 3 Sesi.

Pada sesi pertama yaitu seminar Ornamen di Tanah Melayu Riau diisi oleh Jon Kobet. Dalam seminarnya, Jon Kobet membicarakan tentang corak dan motif-motif yang ada didalam unsur-unsur kebudayaan melayu.

Diungkapkan Jon Kobet, “Pada awalnya, seni corak melayu ini diadaptasi dari alam sekitar seperti tumbuhan. Setelah masuknya kebudayaan luar, maka seni corak melayu pun mengalami perkembangan, seperti motif-motif  hewan yang mengadaptasi budaya Cina dan Eropa.”

Kemudian sesi kedua diisi dengan kunjungan ke Museum Daerah Riau Sang Nila Utama. Di museum ini terdapat banyak koleksi peninggalan sejarah dari berbagai daerah di Provinsi Riau. Antusiasme peserta seminar cukup baik, terlihat dari para peserta yang tertarik mencari info tentang koleksi-koleksi yang di pajang di museum.

Setelah sekitar setengah jam mengelilingi museum, kemudian dilanjutkan dengan sesi ketiga, diskusi tentang museum oleh Dedi Ariandi, suasana diskusi lebih santai. Acara ini merupakan salah satu bentuk pelestarian budaya Melayu Riau. Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung, yuk mari kita mengenal budaya Melayu Riau ^_^

About Mutia Nurul Rahmah

Blogger,suka jalan-jalan makan dan motretMahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Suska 2012 rumahnya di http://mutheas.blogspot.com