Mengelilingi Kota Pekanbaru hanya Rp 3000 - InfoPKU
Home » Informasi » Wisata » Mengelilingi Kota Pekanbaru hanya Rp 3000

Mengelilingi Kota Pekanbaru hanya Rp 3000


Seperti halnya kota-kota besar lainnya, Kota Pekanbaru pun juga menyediakan transportasi publik yang nyaman. Trans Metro Pekanbaru, begitulah namanya.

Bus Trans Metro Pekanbaru ini diresmikan penggunaannya oleh Walikota Pekanbaru saat itu, Drs. H. Herman Abdullah pada hari Kamis tanggal 18 Juni 2009. Trans Metro Pekanbaru, atau biasa disingkat dengan TMP, dipusatkan di Terminal AKAP Payung Sekaki.

Pada awal peluncurannya, hanya ada satu rute yang disediakan, yakni rute I, rute Pandau-Pelita Pantai. Tetapi seiring berjalannya waktu dan meningkatnya kebutuhan transportasi yang nyaman, akhirnya dilakukan perluasan rute dan penambahan armada.

Dulu TMP sempat memiliki 9 rute, namun rute yang ke-9, yakni rute ke pasir putih dihapus. Penghapusan rute ini karena belum banyaknya penumpang yang akan kesana.

TMP
Trayek TMP

Trans Metro Pekanbaru beroperasi mulai jam 06.00-20.00 setiap harinya. Namun, ketika bulan puasa jam operasional bus TMP akan sedikit berubah sesuai kebijakan yang ada.

Adapun tarif untuk setiap rute Rp.3000, sangat terjangkau untuk semua kalangan. Saat turun di halte transit tidak akan dikenakan biaya, sehingga meringankan para penumpang yang harus transit.

Pada awalnya sistem pembayaran TMP ini terbagi dua, langsung bayar dengan “kernet”nya atau menggunakan kartu BCA Flazz Card. Fasilitas ini hanya ada di bus TMP yang berukuran besar.

Pada tahun 2014 dilakukan peremajaan unit dengan ditariknya Bus TMP yang berukuran besar dan digantikan dengan bus TMP yang berukuran lebih kecil.

BpBZvuwCEAA7u2P

Bus TMP ini berkapasitas 33 penumpang duduk dan 32 penumpang berdiri serta beberapa tempat untuk penumpang penyandang cacat yang menggunakan kursi roda dan dilengkapi AC.

Sangat disayangkan TMP kurang bersahabat untuk penumpang cacat dan lansia, letak halte TMP yang masih tidak tetap dan jarak antara pemberhentian bus dan halte yang kadang jauh. Sehingga membuat penumpang yang akan naik harus loncat.

halte-trans-metro-nyaris-roboh

Kondisi halte sekarang pun sangat tidak nyaman, karena tidak adanya penerangan ketika malam hari. Semoga kedepannya TMP lebih memperhatikan kenyamanan dan keamanan para penumpang.

Tiap HUT Kota Pekanbaru, Tiket TMP ini gratis lho. Jadi yang mau berwisata keliling Pekanbaru dengan gratis, silahkan coba naik TMP di HUT Kota Pekanbaru 😉

About Said Zaki

Avatar
hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila