Komunitas Clean The City Pekanbaru Bersihkan RTH Putri Kaca Mayang - InfoPKU
Home » Komunitas » Komunitas Clean The City Pekanbaru Bersihkan RTH Putri Kaca Mayang

Komunitas Clean The City Pekanbaru Bersihkan RTH Putri Kaca Mayang


Seperti biasanya pada saat perayaan malam pergantian tahun baru, beberapa kawasan di Kota Pekanbaru dipenuhi oleh sampah. Pada Selasa (1/1/2019) pagi sebuah Komunitas Clean The City Pekanbaru sedang membersihkan sampah yang berserakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Putri Kaca Mayang

Meskipun telah ada Surat Edaran Gubernur Riau nomor 210/SE/2018 tentang larangan mengadakan panggung hiburan dan pesta kembang api di malam pergantian tahun baru, nyatanya masyarakat Pekanbaru tetap tumpah ruah di jalan.

Salah satunya adalah di RTH Putri Kaca Mayang yang dijadikan pusat perayaan tahun baru. Tak pelak hal tersebut membuat kawasan RTH Putri Kaca Mayang menjadi berserakan sampah.

Masalah yang menjadi ‘penyakit’ masyarakat saat merayaan malam pergantian tahun baru tersebut menjadi perhatian dari Komunitas Clean The City Pekanbaru.

Salah seorang pembina Komunitas Clean The City Pekanbaru, Zulfikar mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu agenda tahunan Komunitas Clean The City (CTC).

Zulfikar kemudian mengatakan bahwa komunitas yang telah berumur 4 tahun ini selalu concern terhadap masalah sampah, terutama paska malam pergantian tahun baru di Kota Pekanbaru.

“Awalnya kami hanya berjumlah 30 orang, sekarang sudah mencapai 100 orang,” ungkap Zulfikar.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa anggota komunitas CTC Pekanbaru ini tidak hanya berasal dari Kota Pekanbaru saja, melainkan juga berasal dari luar Kota Pekanbaru seperti Rengat, Siak, Dumai, dan Pangkalan Kerinci.

Terpantau di lapangan, dengan mengerahkan 100 orang anggotanya tersebut dalam hitungan beberapa menit saja RTH Putri Kaca Mayang sudah kembali bersih seperti sedia kala.

Diungkapkannya, anggota CTC Pekanbaru sendiri tidak hanya dari kalangan orang dewasa saja. Tetapi juga dari berbagai umur, mulai dari kalangan mahasiswa hingga anak-anak.

Adapun pada tahun-tahun sebelumnya, CTC Pekanbaru membersihkan sampah yang berserakan di areal Bandar Seni Ali Haji (Serai) Purna MTQ Jalan Jenderal Sudirman.

“Namun karena pada tahun ini areal MTQ disterilkan, kami membersihkan di sini,” ujarnya.

Selama 4 tahun berdirinya CTC Pekanbaru, Zulfikar mengatakan bahwa baru pada tahun ini pihaknya mulai mengkampanyekan aksi CTC di areal MTQ mulai dari pukul 21.00-22.00 WIB agar masyarakat bergabung.

“Semoga pada tahun depan, banyak yang akan bergabung,” harapnya.

Bagi Encik dan Puan yang berminat ingin gabung ke Komunitas Clean The City Pekanbaru, silahkan menghubungi ke nomor 082351862233.

About Said Zaki

hanya orang waras yang ngaku gila, karena tidak ada orang gila yang ngaku gila. yang ada orang gila ngaku waras, makanya jika ada orang ngaku waras, maka ia sudah gila