Gererasi Muda Bangsa Indonesia Krisis Moral, Masihkah Pancasila Disebut Sebagai Ideologi Negara? - InfoPKU
Breaking News
Home » Opini » Suara Masyarakat » Gererasi Muda Bangsa Indonesia Krisis Moral, Masihkah Pancasila Disebut Sebagai Ideologi Negara?

Gererasi Muda Bangsa Indonesia Krisis Moral, Masihkah Pancasila Disebut Sebagai Ideologi Negara?


Seperti yang kita ketahui Pancasila adalah ideologi Negara. Seiring dengan perkembangan zaman di tengah arus globalisasi yang disertai dengan perkembangan teknologi yang tinggi ini memunculkan sebuah perubahan sosial yang membuat terjadinya pertukaran budaya saat ini.

Pada saat ini generasi muda Indonesia banyak mengalami krisi moral dan korban dari gaya hidup budaya barat. Seperti misalnya seks bebas yang mengakibatkan pernikahan dibawah umur, hamil diluar nikah, kasus aborsi, memakai narkoba bahkan ikut serta dalam penjualan barang haram tersebut.

Ini semua membuat generasi penerus bangsa rusak dan dapat dipastikan negara ini akan terpuruk apabila permasalahan seperti itu dibiarkan begitu saja. Dengan perkembangan zaman yang modern ini, masyarakat Indonesia terkhususnya generasi muda lupa untuk memegang teguh Pancasila sebagai ideologi negara.

Menurut saya untuk tidak memperbanyak generasi bangsa Indonesia yang lainnya masuk kedalam krisis moral tersebut sangat diperlukan adanya kesadaran didalam diri masing-masing para generasi muda agar bisa untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana butir-butir Pancasila sebagai berikut:

  1. Ketuhanan yang Maha Esa

  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

  3. Persatuan Indonesia

  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan

  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Maka dari itu setiap sila perlu ditanamkan kembali melalui penguatan Pendidikan Pancasila di sekolah, universitas maupun ditengah-tengah keluarga yang menjadi sarana dalam usaha untuk mengerti, memahami serta mendalami makna Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia dan juga mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dalam bermasyarakat sesuai dengan cita-cita serta tujuan nasional yang tertera pada alinea ke IV UUD 1945.

“Jadikanlah Pancasila sebagai Penuntunmu untuk meraih cita-cita, sebab tantangan yang dihadapi generasi muda saat ini maupun nanti akan jauh lebih sulit dibanding generasi sebelumnya”.

Identitas Penulis :

Nama : Syaparudin Bs

Prodi : Teknik Informatika

Kampus: Politeknik Caltex Riau

About Admin