Destinasi Wisata Menarik di Pekanbaru

12

Meski lebih dikenal sebagai kota bisnis, nyatanya ada beberapa destinasi wisata menarik di Pekanbaru. Jika Encik dan Puan hendak berkunjung ke Pekanbaru, tidak ada salahnya mencoba menaiki bus lorena.

Bus lorena ini memiliki beberapa rute, salah satu rute yang dilayani adalah Xtrans Bandung.

Bagi Encik dan Puan yang penasaran dengan destinasi wisata menarik di Pekanbaru, berikut ini daftarnya:

Asia Farm

Destinasi wisata ini sedang naik daun di Kota Pekanbaru sejak diresmikan pada 21 April 2019 yang lalu. Letaknya di Jalan Badak ujung, Kecamatan Tenayan Raya, sebelum Kompleks Perkantoran Wali Kota yang baru.

Asia Farm menawarkan objek wisata bergaya pertanian ala Eropa dan mirip dengan permainan Hay Day. Di sini, Encik dan Puan dapat menikmati tour ala Eropa, foto mengenakan kimono Jepang, game seru berhadiah, dan ada bioskop mini.

Selain itu kita juga melihat dan memberi makan hewan ternak, bertani, dan masih banyak lagi. Untuk tiket masuknya, kita cukup membayar Rp 25.000 per orang untuk semua umur.

Tapi ada pengecualian untuk anak kecil dengan tinggi di bawah 70 cm, yang tidak dikenakan biaya. Sedangkan untuk jam operasionalnya sendiri, Asia Farm buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Taman Bunga Impian Okura

Taman ini cukup unik, karena terletak di tepi sungai Siak. Karena keunikan lokasinya tersebut, selain kita dapat menikmati hamparan bunga kita juga dapat menikmati angin sepoi-sepoi, serta pemandangan kapal-kapal yang melewati Sungai Siak.

Lokasinya berada di Okura, Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Rumbai Pesisir. Taman Bunga Impian Okura, merupakan wisata Taman Bunga pertama di Kota Pekanbaru.

Ada beraneka bunga beraneka warna yang cerah dapat Encik dan Puan temui di sana, antara lain bunga matahari, bunga jengger ayam, bunga kancing baju, dan masih banyak lagi.

Untuk tiket masuknya sendiri cukup terjangkau, yakni Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil sudah termasuk parkir. Sementara jam operasionalnya buka setiap hari mulai dari pukul 07.00-18.00 WIB.

Pulau Cinta, Teluk Jering

Objek wisata ini terletak di Dusun Teluk Jering, Desa Teluk Kenidai, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Pulau Cinta berjarak hanya 12 kilometer dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II.

Lokasinya yang tak begitu jauh dari Kota Pekanbaru, yakni hanya menempuh perjalanan sekitar 25 menit, membuat tempat ini menjadi destinasi wisata untuk mengisi waktu liburan. Tak ayal, tiap akhir pekan selalu ramai.

Begitu sampai di sini, kita dapat menikmati hamparan pasir di tepi sungai Kampar yang sekilas mirip pantai. “Pantai” ini cukup panjang lho, sekitar 1,5 kilometer dengan pasir putih di antaranya sepanjang 400 meter.

Dulunya “pantai” ini merupakan tempat mandi hewan ternak warga, namun kini sukses disulap menjadi destinasi wisata dengan berbagai wahana seperti perahu hias, donat boat, banana boat, Motor Cross, dan ATV.

Ulu Kasok

Sering disebut sebagai Raja Ampat KW atau Raja Ampat Mini dari Riau. Lokasinya berada di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Jika Encik dan Puan hendak ke sana dari Pekanbaru, jaraknya 90 Km atau 2,5 jam perjalanan. Ulu Kasok ini merupakan danau air tawar yang menjadi sumber PLTA Kota Panjang.

Dulunya kawasan ini merupakan sebuah perkampungan. Namun di tahun 1991 silam, karena ada proyek PLTA maka desa pun direlokasikan ke desa tetangganya. Lalu desa ini pun ditenggelamkan berserta bukit-bukit di kawasan desa.

Namun tidak semua perbukitan yang tenggelam, bukit yang tenggelam tersebut kelihatan seperti pulau yang terapung di tengah danau. Jadi kita ke puncak Ulu Kasok ini kita akan melihat pemandangan seperti di Pianemo, Papua.