Keliling Kota Pekanbaru

0
144

Punya waktu liburan yang singkat? Datang saja ke Pekanbaru, Riau. Liburan akhir pekan ke Pekanbaru, dijamin akan menyenangkan. Meski hanya satu hari, Anda bisa mengunjungi banyak destinasi seru. Jalan-jalan ke banyak tempat menarik di kota ini, dari masjid ala Timur Tengah hingga belanja oleh-oleh khas Melayu pun tidak kelewatan!

Pekanbaru adalah ibu kota Provinsi Riau, kotanya bersih dan tertata rapi. Memasuki Jalan Jendral Sudirman yang menjadi denyut nadi kota, jalur hijau akan memanjakan mata selama perjalanan.

Jalannya yang luas dan bersih. Kendaraan, baik mobil dan motor, semuanya tertib. Bangunan-bangunan dengan arsitektur Melayu sangat menarik perhatian. Salah satunya yang menarik perhatian adalah Raja Ali Haji (Bandar Serai) di Jalan Sudirman atau lebih dikenal dengan nama Arena Purna MTQ. Tempat ini dulunya ditujukan untuk kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran Nasional ke-17 pada tahun 1994. Di tengahnya terdapat Anjungan Seni Indus Tintin yang menjadi salah satu Landamark budaya Pekanbaru, juga Akademi Kesenian Melayu Riau.

Pekanbaru punya banyak destinasi yang menarik. Anda bisa berkunjung dan foto-foto di Gedung Tintin. Gedung ini biasanya digunakan untuk acara besar atau pertunjukan. Tak hanya itu, banyak gedung-gedung di Pekanbaru yang dihasi oleh batik khas Melayu yang cantik.

Jangan lupa untuk mengunjungi Museum Sang Nila Utama di Jalan Sudirman. Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda seni dan budaya seperti pakaian adat, gaun pengantin, permainan rakyat seperti gasing, alat-alat musik, dan benda-benda bersejarah lainnya dari berbagai daerah yang ada di Provinsi Riau. Tidak ada tiket masuk bila ingin mengunjungi museum ini.

Tidak jauh dari Museum Sang Nila Utama, terdapat satu bangunan dengan arsitektur Melayu yang sangat kental, yaitu Gedung Taman Budaya Riau. Gedung ini digunakan sebagai tempat pagelaran berbagai kegiatan budaya dan seni Melayu Riau serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Tak lupa pula untuk mampir ke Dekranasda Riau yang terletak di ujung Jalan Sisingamangaraja, Dekranasda merupakan pusat cinderamata Riau terlengkap di Pekanbaru. Di sini kita bisa mendapatkan busana Melayu Riau, batik Riau, kain tenun, songket, serta berbagai kerajinan kayu. Selain itu, kita juga dapat melihat proses pembuatan batik Riau yang cantik dan kaya akan warna.

Puas berjalan-jalan ke museum, taman budaya, dan melihat kerajinan khas Riau, siang harinya kita bisa mengunjungi Masjid Agung An-Nur sekaligus melaksanakan shalat zuhur. Masjid An-Nur yang terletak di Jalan Hang Tuah ini merupakan yang termegah di Riau. Bentuk masjid ini bergaya ala Timur Tengah seperti masjid-masjid di Istanbul. Kubahnya berbentuk bulat dan khas.

Mesjid provinsi ini memiliki bentuk bangunan yang cantik dan memiliki fasilitas yang lengkap sebagai Islamic Centre. Lantai bawah masjid merupakan tempat sekretariat pengurus masjid, manajemen, remaja masjid serta tempat pelaksanaan pendidikan Islam. Halaman depannya luas dan tampak apik dengan kolam serta pelataran parkir. banyak masyarakat Riau yang menggunakan lapangan tersebut untuk berolahraga atau bersantai saat pagi dan sore hari. Masjid ini juga menyediakan fasilitas wifi gratis yang membuat orang betah di mesjid.

Selain itu, masih ada landmark Kota Pekanbaru yang mirip dengan landmark Kota Surabaya yaitu Tugu Selais dan juga Tugu Songket.

Jika Surabaya punya Jembatan Suramadu, maka Pekanbaru punya Jembatan Siak. Uniknya, di bawah Jembatan Siak ini merupakan sungai terdalam yag ada di Indonesia lho!

Mau mencari oleh-oleh atau keperluan lain di Pekanbaru? Kita bisa mencarinya di Pasar Bawah yang berada di ujung Jalan Ahmad Yani, di pinggir Sungai Siak. Kita bisa menemukan banyak kios yang menjual cemilan impor dari Singapura, Malaysia, dan Batam. Di sini juga merupakan pusatnya keramik unggulan yang didatangkan langsung dari Taiwan, Cina, dan Italia. Suasana pasarnya ramai tapi bersih dan tidak sumpek.

Menemukan berbagai macam benda unik dan cantik dari Thailand, Taiwan, Malaysia, bahkan Italia dengan harga miring sungguh menjadikan akhir perjalanan ini sangat menyenangkan. Pekanbaru, ternyata kota yang menyimpan banyak keunggulan dan daya tarik dari negara-negara lain.

Untuk oleh-oleh, Anda bisa memburunya di Pasar Bawah. Di sini terdapat bolu kambojo yang nikmat, kerupuk jengkol, hingga aneka makanan khas Melayu. Banyak juga aksesoris cantik di sini. Sehari berkeliling Pekanbaru dijamin puas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.