Waspada Flu Burung, DPKH Riau Kirim Sampel Ayam ke BVET Bukittinggi

0
219
Waspada Flu Burung

Encik dan Puan, waspada terjangkit penyakit flu burung. Baru-baru ini terdapat temuan ratusan ayam mati secara mendadak di Desa Koto Masjid, Kampar.

Penyebab Matinya Ratusan Ayam

Penyebab matinya ratusan ayam tersebut diduga akibat flu burung. Hal inilah yang mendorong Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau untuk mengirim sampel ayam mati ke Balai Veteriner (BVET) Bukittinggi.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Riau Faralinda Sari mengatakan, pada tanggal 1 Maret 2023 lalu di Kampar mendapatkan laporan terkait adanya temuan ayam yang mati mendadak. Mendengar kabar tersebut, pihaknya langsung mengirim tim untuk mengecek ke lokasi.

“Kami langsung menindaklanjuti dengan mengirim tim kesehatan hewan dan laboratorium veteriner DPKH Riau untuk mengambil sampel,” ujarnya.

Sampel Ayam Dikirim ke BVET Bukittinggi

Ia menjelaskan, sampel ayam yang mati tersebut diambil kemudian dibawa ke laboratorium Balai Veteriner Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

Hingga saat ini, hasil pemeriksaan di laboratorim BVET Bukit tinggi belum keluar. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan apakah ayam tersebut mati akibat flu burung atau bukan.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan telah memberikan surat edaran kewaspadaan kepada Pemerintah Riau terkait kasus flu burung. Hal dilakukan karena terdapat kasus flu burung pada manusia di kamboja.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin mengatakan, walaupun hingga saat ini belum ditemukannya kasus flu burung di Riau, pihaknya akan melakukan beberapa antisipasi.

Adapun pihaknua sudah menerima surat edaran dari Kemenkes, dan diminta untuk mengingatkan Dinas Kesehatan kabupaten/kota agar mengambil langkah-langkah pencegahan.

Selain itu Pemerintah Kabupaten/Kota juga diminta untuk menyiapkan fasilitas kesehatan dan kapasitas labkesmas sebagai upaya pemeriksaan sampel dari kasus gejala flu burung dan penatalaksanaan kasus suspek flu burung.

“Hal ini sesuai dengan pedoman yang berlaku,” ujar Zainal.

Apa Itu Flu Burung?

Flu burung merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi virus influenza tipe A yang ditularkan oleh unggas ke manusia. Pada umumnya gejala flu burung akan baru muncul pada 2 hingga 5 hari setelah terpapar virus tersebut.

Walapun hasil laboratorium belum keluar, diharapkan Encik dan Puan selalu waspada terhadap flu burung ini ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.