TPID Award 2021, Pekanbaru dan Dumai Urai Sejarah

15
TPID Award 2021

Bank Indonesia Wilayah Riau menyelenggarakan TPID Award 2021 di kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Kamis (16/9/2021).

TPID Award 2021 merupakan penghargaan kepada kepala daerah yang memang memiliki langkah dan hasil konkert dalam mengendalikan inflasi di daerahnya.

Penghargaan ini diberikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Riau, Decymus, kepada Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, dan Wali Kota Dumai, Paisal.

Sejarah Baru

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Decymus, menyampaikan bahwa raihan TPID Kota Pekanbaru dan TPID Kota Dumai merupakan sejarah baru.

Karena untuk pertama kalinya, Kota Pekanbaru berhasil memperoleh gelar TPID Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota Kawasan Sumatera.

Keberhasilan tersebut adalah hasil penilaian kinerja tahun 2020 pada ajang bergengsi, Tim Pengendalian Inflasi Daerah Award (TPID Award) tahun 2021.

Penghargaan tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri, dan Bank Indonesia yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, 25 Agustus 2021 lalu.

Langkah Strategis

Diharapkan langkah-langkah strategis tetap dilanjutkan dalam forum TPID untuk memperkuat pengendalian inflasi, sekaligus mempertahankan dan mendorong TPID se-Riau.

Selain itu untuk juga meraih penghargaan pada penyelenggaraan TPID Award pada tahun berikutnya.

Pertama, tetap menjaga ketersediaan pasokan dan stabilitas harga, utamanya barang kebutuhan pokok, dengan mengatasi kendala produksi dan gangguan distribusi.

Kedua, pengendalian inflasi diperluas tidak hanya pada stabilisasi harga saja tapi juga pengembangan sektor-sektor ekonomi produktif.

Dalam hal ini, meningkatkan produktivitas sektor pertanian dan UMKM dengan mengenalkan teknologi dan mendorong peningkatan nilai tambah produk pertanian menjadi barang jadi.

Ketiga, mendorong petani dan UMKM naik kelas dengan mengenalkan pada platform digital untuk memperluas pemasaran dan memperpendek rantai distribusi.