Toko Abas Pekanbaru, Toko Legend Yang Punya Cerita

0
340
Toko Abas Pekanbaru

Warga Pekanbaru mana sih yang tidak mengenal Toko Abas? Toko yang menghuni sejumlah ruko di simpang Jalan Tuanku Tambusai ini merupakan sebuah toko legend dan unik yang ada di Kota Pekanbaru.

Letaknya Berdekatan

Selain terkenal telah berdiri sejak lama di Pekanbaru, Toko Abas memiliki kesan unik karena memiliki kesamaan nama toko satu dengan lainnya.

Jadi kita yang melihat pertama kali akan sedikit bingung, kenapa ya ada banyak sekali Toko Abas di Jalan Tuanku Tambusai.

Bukan hanya namanya saja yang sama. Tapi letak dan posisi toko satu dengan yang lainnya pun hanya berjarak dari satu ruko ke sebelah ruko saja. Persis seperti tetanggaan.

Sejarah Toko Abas

Tim infoPKU kali ini berkesempatan mendengarkan kisah Toko Abas dari salah seorang keluarga langsung dari pemilik pertama Toko Abas di Pekanbaru.

Beliau mengatakan bahwa Toko Abas pertama adalah Toko Jam Tangan Abas yang berdiri sejak tahun 90-an. Toko Jam Tangan Abas didirikan oleh H Basyir yang biasa dipanggil Pak Abas. Ia berasal dari Pariaman, Sumatera Barat.

Lokasi awalnya berada di pasar Cik Puan di Jalan Tuanku Tambusai kios No. 25. Kemudian barulah pada awal tahun 2000, Toko jam Abas pindah ke ruko di Jalan Tuanku Tambusai No. 79.

Sedangkan toko-toko Abas yang sekarang ini adalah hasil dari pengembangan Toko Jam Tangan Abas pertama yang telah dikelola oleh anak dan cucu keturunannya.

Ada Ikatan Darah

Uniknya lagi, Toko Abas hanya dapat dikelola oleh keturunan langsung Pak Abas saja. Sehingga orang yang tidak memiliki hubungan darah tidak bisa mengelola dengan nama “Toko Abas.” Jadi tidak bisa sembarangan dalam pemberian nama Toko Abas ini.

Karena dikelola dan memiliki manajemen sendiri-sendiri, Toko Abas ditambahkan embel-embel nama belakang pada setiap tokonya. Seperti Toko Jam Abas Tunas Central, Toko Abas Nofi, Toko Abas Batam, Toko Abas Arloji, dan sebagainya.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan dan tidak ada kerancuan antara satu Toko Abas dengan yang lainnya.

Berkembang ke Daerah Lain

Toko Jam Abas pun saat ini telah berkembang ke Provinsi tetangga seperti Jambi, Palembang, Sumatera Barat, Bengkulu, dan daerah-daerah lainnya di Riau.

Hingga saat ini toko abas telah menyentuh berbagai bidang penjualan, mulai dari jam tangan, kaca mata, ponsel, dan aksesoris handphone.