Tips Merawat Barang Elektronik Agar Tidak Cepat Rusak

143
Tips Merawat Barang Elektronik

Enam tips merawat barang elektronik agar tidak cepat rusak ini bisa Encik dan Puan terapkan dalam kehidupan sehari-hari, agar barang elektronik Encik dan Puan tidak rusak sebelum masanya.

Tidak dapat dipungkiri, saat ini kebutuhan manusia akan barang elektronik tidak bisa dihindari karena sangat membantu pekerjaan sehari-hari.

Mulai dari mencuci pakaian menggunakan mesin cuci, memasak nasi, mesin pembersih lantai, televisi, pendinginan ruangan dan barang-barang lainnya.

Karena sudah menjadi kebutuhan pokok, barang elektronik sudah semestinya dijaga supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Yuk intip enam tips merawat barang elektronik agar tidak cepat rusak berikut ini:

Letakkan pada tempat yang aman

Sangat penting ketika Encik dan Puan ingin meletakkan barang elektronik untuk melihat kondisi yang ada disekitarnya. Karena walau bagaimanapun, sekitar barang elektronik mempengaruhi ketahanannya.

Tempatkan lah alat elektronik Encik dan Puan pada tempat yang aman dan tidak basah atau lembab untuk menghindari korsleting listrik dan kerusakan lainnya.

Kemudian, tidak lupa pula untuk memperhatikan peletakannya, apakah pada posisi yang datar dan miring. Karena kalau tidak berakibat fatal pada pemakaian kedepannya.

Jadi, harus berhati-hati dalam menempatkan barang elektronik ya Encik dan Puan dan pastikan barangnya berada di tempat yang datar dan aman.

Bersihkan secara berkala

Merawat barang elektronik tidak hanya dengan tidak membantingnya atau memegangnya dengan baik, tapi membersihkan secara berkala juga sangat penting.

Bersihkan bagian-bagian yang kira-kira kotor dan akan mengganggu barang elektronik Encik dan Puan, bila perlu dibuatkan jadwal rutin membersihkan alat elektroniknya ya Encik dan Puan.

Servis ditempat yang terjamin

Banyak sekali tempat servis elektronik yang bisa Encik dan Puan temui di sekitar tempat tinggal, namun Encik dan Puan harus teliti dalam memilih tempat servis. Pilihlah tempat servis yang terjamin.

Arus listrik harus stabil, bila perlu gunakan stabilizer

Arus listrik yang tidak stabil bisa mengakibatkan kerusakan pada barang elektronik. Maka sebaiknya gunakan stabilizer untuk menjaga kestabilan listrik di rumah Encik dan Puan.

Hal penting yang mesti Encik dan Puan ingat, ketika listrik padam, jangan langsung mencolokkan barang elektronik Encik dan Puan ketika listrik baru hidup. Karena pada saat itu listrik belum stabil dan akan membuat barang cepat rusak.

Gunakan sesuai buku petunjuk penggunaan

Ketika membeli barang elektronik, Encik dan Puan pasti diberikan buku petunjuk penggunaan dan garansinya.

Buku petunjuk tersebut sebaiknya dibaca terlebih dahulu ya Encik dan Puan untuk mengetahui perawatan dan cara pemakaian yang baik terhadap barang elektronik tersebut.

Simpanlah buku petunjuk dan garansi tersebut dalam satu tempat untuk mempermudah jika Encik dan Puan membutuhkan.

Jangan dipakai terus-menerus dan berikan waktu istirahat

Sama seperti manusia, barang elektronik pun butuh istirahat setelah dipakai terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

Oleh sebab itu, pakailah barang elektronik semestinya dan biarkan ia dingin terlebih dahulu sebelum digunakan kembali.

Itulah enam tips merawat barang elektronik agar tidak cepat rusak yang bisa Encik dan Puan lakukan sehari-hari. Semoga bermanfaat….