Tips Menyamarkan Bekas Jerawat Dengan Bahan-bahan Alami

192
Tips Menyamarkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat kerap menjadi masalah yang menyebalkan bagi banyak orang, terutama wanita. Berikut ini tips menyamarkan bekas jerawat dengan bahan-bahan alami:

Kentang
Cara menghilangkan bekas jerawat pertama adalah menggunakan kentang. Kentang mengandung vitamin dan mineral yang mampu untuk menyembuhkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam.

Caranya, cuci wajah terlebih dahulu hingga bersih, kemudian iris kentang tipis-tipis lalu tempelkan pada bekas jerawat dan biarkan selama 10 menit. Cara ini bisa dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Timun
Salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat adalah mentimun. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang ada pada mentimun sangat bermanfaat bagi kulit. Mentimun juga mampu untuk menghidrasi kulit.

Caranya sama seperti menggunakan kentang, yaitu iris tipis timun lalu tempelkan pada bekas jerawat dan biarkan selama 30 menit lalu bilas wajah hingga bersih.

Lemon

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat adalah denganjeruk lemon. Pada air perasan lemon terdapat kandungan asam alfa-hidroksi alami (AHA) yang mampu untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit.

Caranya potong lemon menjadi 2 bagian lalu peras lemon padawadah dan oleskan air perasan tersebut diwajah sampai kering. Lakukan perawatan ini setiap 2 atau 3 hari sekali.

Jeruk Nipis
Sebagai pengganti lemon, jeruk nipis juga merupakan penolong untuk menghilangkan bekas jerawat. Kandungan dari buah ini sama dengan buah lemon yang mampu memudarkan bekas jerawat dan membunuh kuman penyebab jerawat.

Untuk mengaplikasikan buah ini, sama seperti lemon tadi yaitu potong jeruk nipis menjadi 2 bagian dan peras didalam wadah, lalu oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah dan biarkan hingga kering.

Bawang Putih
Bawang putih, selain sebagai salah satu bahan pelengkap bumbu dapur. Juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Kandungan pada bawang putih, yaitu senyawa thiacremonon sulfur mengandung anti bakteri yang mampu menghilangkan bekas jerawat.

Cara mengaplikasikan bawang putih pada wajah yaitu, kupas bawang putih dan blender hingga halus, kemudian oleskan pada bekas jerawat dan biarkan selama 2 sampai 5 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat.

Itulah tadi beberapa tips menyamarkan bekas jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami. Akan tetapi cara terbaik adalah mencegah munculnya jerawat yang dilansir oleh seperti merdeka.com seperti:

  • Jaga kebersihan kulit di area yang berjerawat
  • Bersihkan area tersebut dengan menggunakan pembersih atau sabun wajah sebanyak dua kali sehari.
  • Gosok kulit dengan lembut agar tidak mengalami iritasi.