Tips Aman Liburan Akhir Tahun Saat Pandemi

72
Tips Aman Liburan

Waktu liburan akhir tahun sudah tiba nih, tapi pandemi Covid-19 belum juga usai. Berikut ini beberapa tips aman liburan akhir tahun saat pandemi.

Riset Tempat Wisata dan Reservasi Online

Riset berarti melakukan pengecekan, dan reservasi adalah pemesanan. Keduanya bisa dilakukan secara online, mulai dari kendaraan apa yang akan dipakai, tempat penginapan yang akan disewa, sampai pada tempat liburan yang akan dikunjungi.

Hal ini dapat membantu kita dalam mengawali liburan dengan aman, tanpa terhantui oleh Covid-19. Dengan reservasi online, liburanmu juga akan lebih praktis karena bisa memesan tanpa bertemu dengan pihak terkait secara langsung.

Cek Kesehatan Sebelum Liburan

Sebelum pergi berlibur, hendaknya kita mengecek kesehatan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga dan tetap waspada jika nanti saat melakukan perjalanan kita diminta untuk menyerahkan surat keterangan sehat atau hasil rapid tes.

Tes kesehatan sebelum berangkat juga berfungsi untuk menunjukkan bahwa kamu memang benar-benar sehat. Pastikan juga untuk melakukan tes beberapa hari saja sebelum pergi, jangan terlalu jauh dari jadwal keberangkatan.

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Sebisa mungkin, gunakanlah kendaraan pribadi jika ingin berlibur. Jika memang tidak memungkinkan memakai kendaraan pribadi, misalnya jika mengikuti paket wisata, kita bisa menyewa kendaraan secara pribadi.

Penggunaan kendaraan pribadi akan memudahkan kita untuk berjaga jarak, khususnya dengan orang-orang yang belum pernah kita temui sebelumnya. Selain itu, kendaraan pribadi akan membuat kita menjadi lebih aman dari paparan virus.

Membawa Makanan dari Rumah

Salah satu cara untuk menghindar dari paparan virus adalah dengan membawa makanan atau cemilan dari rumah. Ini memang tidak harus dilakukan, tetapi apabila dapat dilakukan, kenapa tidak?

Membawa makanan atau cemilan dari rumah akan membantu kita menghindari kerumunan dengan lebih baik, karena tidak perlu mengunjungi tempat makan atau restoran yang pastinya ramai. Selain itu, makanan dari rumah bisa dipastikan benar-benar bersih dan sehat.

Mematuhi Protokol Kesehatan

Protokol kesehatan merupakan suatu hal yang wajib untuk kamu terapkan disaat pandemic seperti sekarang ini. Upaya untuk menerapkannya yaitu seperti menjaga jarak, menghindari kerumunan, sering mencuci tangan, dan mengurangi kontak dengan pengunjung wisata lainnya, dan yang paling penting adalah tetap dan selalu memakai masker.

Hindari Pembayaran secara Tunai

Semua barang dapat menjadi media penyebaran virus, tak terkecuali dengan uang kertas maupun logam. Uang menjadi salah satu barang yang beresiko tinggi menularkan virus karena seringnya berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya.

Maka dari itu, sebisa mungkin kita melakukan transaksi dengan pembayaran elektronik. Sekarang sudah banyak tempat wisata yang melayani jenis pembayaran tersebut, sehingga hal tersebut akan lebih mudah.

Itulah beberapa tips aman liburan akhir tahun saat pandemi yang bisa Encik dan Puan terapkan. Selamat berlibur Ncik dan Puan..